Breaking News

Tantangan Timnas Prancis Pertahankan Gelar tanpa Pogba dan Kante yang Cedera di Qatar 2022

Gelandang serang Timnas Prancis Paul Pogba yang cedera. Foto: AP Photo

WELFARE.id-Piala Dunia 2022 di Qatar yang sebentar lagi digelar bisa menjadi beban berat bagi Tim Nasional (Timnas) Prancis yang juga juara bertahan. Sejumlah pengamat sepak bola tidak menjagokan tim berjuluk Ayam Jantan ini. 

Mereka malah menyebut Timnas Brazil dan Argentina sebagai kandidat juara Piala Dunia 2022. Ada yang menyebut sekarang giliran tim dari Amerika Latin yang berjaya merebut tropi juara. Tapi ingat bola itu bundar dan rumput itu hijau jadi siapa saja bisa jadi juara. 

Sang arsitek Timnas Prancis Didier Deschamps secara terbuka juga mengakui bahwa Timnas Brazil dan Argentina mempunyai peluang besar sebagai juara di Piala Dunia 2022. Dia mengaku telah melihat kekuatan luar biasa kedua tim besar tersebut.

"Tanpa ingin menyinggung siapa pun, Anda selalu memiliki kandidat yang biasa yaitu dua negara Amerika Selatan, Brasil dan Argentina," kata Deschamps dalam wawancara dengan FIFA baru-baru ini.

Dia juga mengatakan tapi timnas Prancis mengusung misi berat untuk mempertahankan gelar juara di Piala Dunia 2022 pada laga yang digelar di Qatar tersebut.  

Misi berat itu semakin nyata setelah muncul kabar  bahwa gelandang Timnas Prancis, Paul Pogba dipastikan absen dari Piala Dunia 2022 karena cedera. Kabar itu diucapkan agen Paul Pogba, Rafael Pimenta.

”Paul Poqba akan melewatkan Piala Dunia Qatar 2022 karena cedera baru yang dialami. Hal itu disampaikan agen Paul Pogba, Rafael Pimenta,” tulis Fabrizio Romano di akun Twitter-nya, @FabrizioRomano.

Untuk diketahui, Paul Pogba mengalami cedera lutut di musim panas 2022. Namun, gelandang berusia 29 tahun itu sudah ikut berlatih bersama skuad Juventus dalam 10 hari terakhir ini.

Namun, cedera baru menimpa Paul Pogba. Alhasil, Paul Pogba tidak kunjung menjalani debut bersama Juventus, klub yang telah memboyongnya dari Manchester United pada bursa transfer musim panas 2022 lalu.

”Paul Pogba sama sekali belum memainkan satu pertandingan pun sejak didatangkan Juventus pada Juli lalu,” Fabrizio Romano lagi.

Sontak kabar kurang mengenakan ini ibarat petir di siang bolong bagi Les Bleus. Mungkin ini alasan pelatih Timnas PrancisDidier Deschamps menyebut misi berat untuk mempertahankan gelar juara dunia 2022. 

Untuk diketahui, Timnas Prancis meraih gelar Piala Dunia kedua mereka di Rusia empat tahun lalu. Mereka mengalahkan Timnas Kroasia di babak final dengan skor menyakinkan 4-2. 

Peran gelandang maut  Paul Pogba tidak bisa diremehkan begitu saja ketika Timnas Prancis menjadi juara dunia tahun 2018 tersebut. Kondisi timnas Prancis makin menyulitkan setelah pemain andalan lainnya, NGolo Kante yang juga cedera serius saat membela Chelsea.

Dalam Piala Dunia 2022 ini, timnas Prancis berada di Grup D bersama Australia, Denmark, dan Tunisia. Peluang  Prancis terhenti di fase grup sangat besar jika mengacu kepada performa Les Blues dalam beberapa laga terakhir apalagi nanti dengan absennya gelandang serang Paul Pogba .    

Padahal ketika Prancis juara Piala Dunia 2018, Paul Pogba dan NGolo Kante banyak dipuji pengamat sepak bola karena sukses membentuk kolaborasi apik di lini tengah. 

Keduanya menjadi penyuplai bola ke kotak penalti dan assit-nya banyak melahirkan gol demi gol. Tapi kini kedua pemain gelandang luar biasa itu dipastikan absen dari ajang empat tahunan ini.

Mungkinkan ketiadaan Paul Pogba dan NGolo Kante bakal menurunkan performa Timnas Prancis di Piala Dunia 2022? 

Tapi pastinya, absennya kedua gelandang tersebut bakal menyulitkan bagi pemain penyerang seperti Karim Benzema, Kylian Mbappe atau Antoine Griezmann untuk mendapatkan suplai bola dari lapangan tengah untuk mencetak gol. 

Pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps harus putar otak untuk mengatasi persoalan itu? Kita lihat saja pertandingan Piala Dunia 2022 nanti. (tim redaksi)


#pialadunia2022
#qatar2022
#timnasprancis
#paulpogba
#ngolokante
#cederaserius
#didierdeschamps

Tidak ada komentar