Breaking News

Susul Twitter, Facebook Juga Bakal PHK Massal Karyawan Minggu Ini

Facebook (net) 

WELFARE.id-Gelombang PHK tak hanya menerjang perusahaan kecil, perusahaan raksasa juga melakukan efisiensi tenaga kerja. Setepah Twitter, kini, giliran Meta, perusahaan induk Facebook akan menjadi perusahaan teknologi terbaru yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal karyawan minggu ini, menurut laporan media AS. 

The Wall Street Journal pada Minggu (6/11/2022), mengutip orang-orang yang mengetahui masalah ini, melaporkan bahwa pemutusan hubungan kerja dapat berdampak pada "ribuan" karyawan Meta. Pengumuman pengurangan tenaga kerja besar-besaran ini diperkirakan akan segera diumumkan pada Rabu (9/11/2022). 

Pada 30 September, Meta memiliki sekitar 87 ribu karyawan di seluruh dunia di berbagai platform, yang meliputi situs media sosial Facebook dan Instagram serta platform berbagi pesan, Whatsapp. 

Dalam pengumumannya tentang hasil kuartal ketiga yang mengecewakan dari Meta, CEO Mark Zuckerberg mengatakan staf perusahaan tidak akan bertambah pada akhir 2023, dan mungkin sedikit berkurang. 

Rencana terbaru dari Meta mengikuti pengumuman baru-baru ini oleh perusahaan teknologi lain untuk membekukan perekrutan atau memotong tenaga kerja mereka saat industri ini bergulat melawan hambatan ekonomi. 

Dilansir dari AFP, perusahaan Silicon Valley Stripe dan Lyft pada Kamis (3/11/2022) mengumumkan PHK skala besar. Sementara Amazon, milik Jeff Bezos, mengatakan akan membekukan perekrutan di kantor perusahaannya. 

Twitter, yang baru diakuisisi oleh Elon Musk, tiba-tiba memecat sekitar setengah dari 7.500 karyawannya minggu lalu. 

Platform yang didukung iklan seperti Facebook dan Google Alphabet menderita pemotongan anggaran pengiklan karena mereka berjuang dengan inflasi dan kenaikan suku bunga. 

Meta pada kuartal ketiga mencatat penurunan keuntungan hingga 52 persen dibanding tahun sebelumnya, menjadi sekitar USD4,4 miliar. Harga saham Meta sangat terpukul dengan hasil yang mengecewakan performanya, nilainya jatuh 25 persen dalam satu hari. 

Adapun nilai pasar perusahaan selama setahun terakhir turun menjadi USD600 miliar. Selain kemerosotan bisnis yang didukung iklan, investor khawatir tentang keputusan Zuckerberg untuk mencurahkan dana besar untuk mengembangkan metaverse. (tim redaksi) 

#phk
#facebook
#meta
#facebookphkkaryawan
#metaverse
#markzuckerberg

Tidak ada komentar