Breaking News

Sudah Lima Hari Pemukiman Warga di Curug Terendam Banjir

Perahu karet disiagakan di Desa Kadu, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang yang sudah enam hari terendam banjir. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Banjir yang melanda Kabupaten Tangerang belum sepenuhnya surut. Pasalnya, sejumlah wilayah di Kecamatan Curug dan Kecamatan Pasar Kemis, masih tergenang air sejak enam hari lalu atau sejak banjir terjadi pada Minggu (13/11/2022). 

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat mengatakan salah satu wilayah yang masih banjir adalah Desa Kadu, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, dengan ketinggian mencapai 80 centimeter (cm). Sebanyak 133 keluargadi Desa Kadu terdampak banjir.

Banjir yang terjadi sejak Minggu (13/11) akibat air sungai meluap dampak hujan deras semalaman dan diperparah dengan tanggul bocor. Akibatnya, empat kecamatan terdampak banjir.

”Jadi Desa Kadu masih (banjir). Masih ada 133 keluarga yang terdampak di Desa Kadu. Kalau kemarin (banjir) tinggal 50 sentimeter ya. Tapi, kalau tadi pagi update sekitar 80 centimeter, yang paling dalem ya," ujar Ujat saat dihubungi Jumat (18/11/2022).

Sementara itu, di wilayah Kecamatan Pasar Kemis, banjir masih menggenangi wilayah Desa Gelam Jaya dengan ketinggian air mencapai 40 centimeter. Ada sekitar 15 keluarga yang terdampak.

"Pasar Kemis kan hujan lagi, yang di RW 17 tergenang lagi. Ketinggian 30-40 centimeter. Tapi (banjir) belum masuk ke rumah. Yang ujung ada yang mengungsi lagi. Ada sekitar 15 keluarga," katanya juga.

Ujat juga mengatakan banjir di Desa Gelam Jaya mulai surut sejak Rabu malam (16/11/2022). Namun banjir kembali naik setelah hujan pagi tadi. "Sebenarnya semalam sudah beres-beres, namun tadi hujan lagi dan mulai tergenang lagi," kata dia.
Ujat juga memastikan, untuk wilayah Kabupaten Tangerang, tinggal Kecamatan Curug dan Pasar Kemis yang masih terendam banjir. Pihak BPBD Kabupaten Tangerang pun terus bersiaga untuk mengantisipasi banjir yang kembali naik.

"Iya Kecamatan Curug dan Pasar Kemis. Pasar Kemis sudah relatif surut, tinggal Kecamatan Curug yang masih itu (banjir)," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, banjir terjadi akibat meluapnya aliran Sungai Cirarab dan Situ Gelam. Banjir terjadi pada Minggu (13/11/2022) akibat tanggul bocor. Sebanyak 4.751 keluarga di empat kecamatan di wilayah itu terdampak banjir.

Adapun empat kecamatan yang dilanda banjir di Kabupaten Tangerang adalah Kecamatan Curug, Kecamatan Pasar Kemis, Kecamatan Kelapa Dua, dan Kecamatan Sepatan. (tim redaksi)

#banjir
#kabupatentangerang
#tanggulbocor
#kecamatancurug
#kecamatanpasarkemis
#bpbdkabupatentangerang
#hujanderas

Tidak ada komentar