Breaking News

Stop Kebiasaan Buruk Ini untuk Cegah Penyakit Ginjal, Nomor 1 Sering Dilupakan

Makanan berprotein tinggi. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Organ ginjal memiliki fungsi penting dalam tubuh. Ginjal bertugas untuk menyaring racun dalam tubuh. Jika ginjal rusak atau tidak bekerja dengan baik, racun bisa dengan mudah menyebar di dalam tubuh dan membuat kondisi seseorang akan mengalami masalah kesehatan seperti sakit perut, mudah lelah, hingga dehidrasi.

Beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan punya potensi untuk merusak fungsi ginjal tersebut. Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (2/11/2022), berikut kebiasaan yang bisa merusak ginjal:

1. Terlalu banyak konsumsi protein

Protein hewani memang baik untuk tubuh. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak, protein hewani akan menghasilkan asam dengan jumlah tinggi di dalam darah. 

Hal itu bisa menyebabkan asidosis, suatu kondisi ginjal saat tidak bisa menghilangkan cukup asam, sehingga menyebabkan efek merugikan pada organ. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang seimbang antara protein, sayur, dan buah.

Guru Besar Pangan dan Gizi IPB University Ali Khomsan mengatakan, terlalu banyak mengkonsumsi protein dapat membuat ginjal sulit bekerja. "Orang yang mengonsumsi terlalu banyak protein itu ginjalnya mengalami situasi yang berat untuk melakukan proses pencernaan," ujarnya.

2. Kurang tidur

Kurangnya waktu tidur bisa berdampak buruk bagi tubuh manusia. Jika kurang tidur, bisa mengganggu fungsi ginjal. 

Sebab, fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur dan bangun yang membantu mengoordinasikan beban kerja organ selama seharian. Para peneliti dari Boston's Brigham and Women's Hospital mempelajari kebiasaan tidur para sukarelawan wanita dan menemukan bahwa terlalu sedikit tidur dikaitkan dengan penurunan fungsi ginjal yang lebih cepat.

3. Kurang minum air putih

Minum air putih dengan cukup adalah hal sederhana yang baik bagi tubuh. Begitupun jika kita kurang meminum air putih. 

Minum air putih yang cukup juga membantu menghindari batu ginjal. Orang dengan masalah ginjal diharuskan memiliki lebih sedikit cairan. Tetapi orang dengan ginjal yang sehat harus minum 3-4 liter air setiap hari.

4. Terlalu banyak konsumsi makanan asin

Garam memiliki banyak natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah dan pada mempengaruhi fungsi ginjal. Sebuah studi oleh Rumah Sakit San Giovanni Bosco, Italia menemukan bahwa terlalu banyak garam memiliki efek jaringan langsung pada ginjal, menyebabkan hipertrofi dan fibrosis. Terlalu banyak garam juga bisa menyebabkan batu ginjal.

5. Menahan BAK

Menahan Buang Air Kecil (BAK) dapat menyebabkan batu ginjal terbentuk pada orang dengan riwayat kondisi tersebut, atau pada mereka yang memiliki kandungan mineral tinggi dalam urine. BAK sering mengandung mineral seperti asam urat dan kalsium oksalat. (tim redaksi)

#gagalginjal
#penyakitginjal
#tipsagarginjalsehat
#tipsmenjagaginjal
#stopkebiasaanburukpenyebabsakitginjal
#kesehatanginjal

Tidak ada komentar