Breaking News

Sempat Diwarnai Adu Jotos, Akbar Himawan Buchari Terpilih Jadi Ketum HIPMI

Ketua Umum HIPMI terpilih Akbar Himawan Buchari (net) 

WELFARE.id-Sempat viral karena adu jotos, Akbar Himawan Buchari terpilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) periode 2022-2025. Akbar terpilih dalam Musyawarah Nasional (Munas) Hipmi XVII di Solo, Jawa Tengah. 

Sekretaris Sidang Pemilihan Ketum BPP Hipmi Robert Muda Hartawan mengatakan, Akbar Himawan Buchari menang di putaran kedua setelah memperoleh 92 suara dan mengungguli Bagas Adhadirgha mendapatkan 68 suara dari hasil rapat pleno IV, pada Rabu (23/11/2022) malam. "Pelaksanaan pemilihan suara berjalan tuntas. Hasil pemilihan umum Munas Hipmi menetapkan saudara Akbar Himawan Buchari, Ketua Umum terpilih BPP Hipmi masa bakti 2022-2025," kata Robert, dikutip Jumat (25/11/2022). 

Hasil lengkapnya pada putaran pertama calon ketua umum nomer urut satu Akbar Himawan Buchari memperoleh 57 suara, nomer urut dua Bagas Adhadirgha memperoleh 71 suara. Lalu, calon nomer urut tiga Eka Sastra Anggawira dengan 41 suara. 

Karena, tidak ada calon ketum yang mencapai 85 suara atau 50 persen + 1 maka dilakukan putaran 2 dan diikuti dua calon suara tertinggi, yakni Bagas Adhadirgha dan Akbar Himawan Buchari. 

Diputaran kedua, Akbar Buchari meraih 92 suara dan Bagas Adhadirgha mendapatkan 68 suara. Sedangkan yang absen atau tidak sah 5 suara. Kemenangan Akbar tersebut karena mendapat tambahan suara dari para pendukung Caketum Eka Sastra Anggawira. 

Prosesi Munas Hipmi yang mulai tanggal 21 hingga 23 November 2022 itu juga menetapkan tim formatur antara lain Akbar Buchari, Bagas Adhadirgha dan Eka Sastra. Selanjutnya formatur membentuk seluruh kepengurusan BPP Hipmi 2022-2025. 

Menurut Akbar, pelaksanaan Munas XVII sudah diselesaikan dengan baik. Proses regenerasi tidak ada yang menang dan kalah, tetapi yang ada adalah pembelajaran sebagai pemimpin nasional. "Saya mewakafkan kepada Hipmi tentu perlu dukungan seluruh kader seluruh Indonesia, saya mohon kerja samanya," imbuhnya. 

Akbar mengatakan Hipmi merupakan organisasi dewasa yang berusia 50 tahun, yang selama ini berkontribusi aktif pada pembangunan ekonomi nasional. Dia berkomitmen membangun Hipmi ke depan bersama Bagas Adhadirgha dan Anggawira. 

Sebagai informasi, Akbar merupakan pengusaha bus. Dikutip dari akbarbuchari.com, Akbar Himawan Buchari lahir di Medan, Sumatera Utara pada 25 November 1988. 

Ia dikenal sebagai sosok pengusaha muda dengan menjalankan bisnis di berbagai bidang. Mulai dari transportasi, perhotelan, perkebunan kelapa sawit, properti hingga bidang konstruksi. Ia menjadi pimpinan perusahaan otobus (PO) Kurnia dengan armada sekitar 250 unit bus. 

Bisnis lain yang dijalankan Akbar adalah Hotel Swissbell In Gajah Mada dan Hotel Saka di Kota Medan. Pada 2014, ia pernah menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Sumatera Utara. Ia terpilih dalam Musda XV HIPMI Sumatera Utara yang digelar di Grand Aston Hotel Medan pada 26 September 2014. 

Saat ini, Akbar menjabat sebagai sebagai Wakil Ketua Umum BPP HIPMI. Selain sebagai pengusaha, ia juga dikenal sebagai politisi. Ia memilih Partai Golkar sebagai kendaraan politiknya. Akbar kini duduk sebagai anggota DPRD Sumatera Utara periode 2019-2024. 

Saat Pileg 2019, Akbar mendapatkan suara sebanyak 14.159 yang mengantarnya lolos sebagai legislator daerah. Selain itu, ia juga dipercaya sebagai Ketua Pansus COVID-19 DPRD Sumatera Utara. 

Akbar juga aktif sebagai Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumatera Utara. Dalam kehidupan pribadi, ia menikah dengan Ayu Akbar. Keduanya telah dikaruniai tiga anak, yaitu Aidan Akbar Buchari, Azzan Akbar Buchari, dan Alaïa Aisha Buchari. Akbar Himawan Buchari merupakan lulusan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Di UISU, ia menyelesaikan pendidikan S1-Hukum. (tim redaksi) 

#hipmi
#munashipmi
#akbarhimawanbuchari
#ketumhipmi
#ketumhipmibaru

Tidak ada komentar