Breaking News

Semarakan Penobatan Raja Charles III, Pemerintah Inggris Beri Libur Nasional Tambahan

Pangeran Charles yang kini sudah ditetapkan jadi Raja Inggris dengan nama Raja Charles III meski pelantikannya akan digelar tahun depan. Foto: AP

WELFARE.id-Penobatan Pangeran Charles jadi Raja Inggris dengan nama Raja Charles III tahun depan bakal dijadikan acara resmi Inggris. Bahkan, Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak mengatakan penobatan Raja Charles III akan dirayakan dengan hari libur tambahan, Minggu (6/11/2022). 

Libur tambahan atau libur nasional ini akan diberikan pada Senin 8 Mei 2023, tak lama setelah penobatan Raja Charles III yang akan dilakukan pada 6 Mei 2023 mendatang.

Kantor Perdana Menteri Inggris menyatakan, penobatan mendiang Ratu Elizabeth II yang terjadi pada 1953 lalu itu juga disertai dengan hari libur nasional tambahan. Karena itu, penobatan pangeran Charles jadi raja pada 2023 akan mengikuti tradisi tersebut. 

Libur tambahan ini diberikan dengan alasan memberikan waktu bagi keluarga dan masyarakat untuk menikmati acara bersejarah bagi warga negara monarki tersebut.

"Penobatan raja baru merupakan momen unik bagi negara kita. Sebagai pengakuan atas peristiwa bersejarah ini, saya dengan senang hati mengumumkan hari libur nasional tambahan untuk seluruh Inggris tahun depan," ujar Sunak.

Upacara penobatan akan berlangsung di Westminster Abbey, London dan akan dilanjutkan dengan arak-arakan tradisional yang sudah dilakukan selama 1.000 tahun terakhir. 

Untuk diketahui, Raja Charles III adalah raja dan kepala negara tidak hanya di Britania Raya atau United Kingdom tetapi dari 14 wilayah lain termasuk Australia, Kanada, Jamaika, Selandia Baru, dan Papua Nugini.

Raja dan ratu Inggris telah dinobatkan di Westminster Abbey sejak pelantikan William Sang Penakluk pada 1066. Charles adalah raja ke-41 dalam garis yang menelusuri asal-usulnya kembali ke William dan pria berusia 73 tahun ini akan menjadi raja tertua untuk dinobatkan.

Charles secara otomatis menjadi raja setelah kematian ibunya Ratu Elizabeth II pada September 2022 lalu. Hanya saja upacara penobatan untuknya dan istrinya Camilla tidak langsung digelar, seperti tradisi sebelumnya.

Penobatan itu ditunda untuk berkabung bagi pemimpin pendahulunya yang meninggal dunia dan memberikan cukup waktu dalam mengatur acara tersebut.

Tahun ini, Inggris memiliki dua hari libur tambahan. Satu untuk merayakan Jubilee Platinum Ratu Elizabeth pada Juni dan yang kedua pada hari pemakamannya pada September lalu. (tim redaksi)

#inggris
#britaniaraya
#penobatanrajainggris
#rajacharlesIII
#liburtambahan
#pminggris
#rishisunak

Tidak ada komentar