Breaking News

Sambut IKN, Ahli Sebut Perlu Kurikulum Penguatan Mental Petarung bagi Warga

Ilustrasi (net) 

WELFARE.id-Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) satu tentu saja memberikan menguntungkan Kaltim, lantaran menjadi perhatian bagi para investor untuk membuka lahan bisnis. Namun, bukan hanya infrastrukturnya, sumber daya manusianya juga perlu ditingkatkan. Termasuk nasib para warga di kota penyangga dan sekitarnya juga perlu diperhatikan. 

Ketua Dewan Pendidikan Kota Samarinda, Siti Qomariah mengatakan, kehadiran IKN perlu Kurikulum Penguatan Mental Petarung berisi tentang kepemimpinan (leadership) dan kewirausahaan (entrepreneurship). “Kita di Kalimantan Timur saat ini mengandalkan Sumber daya Alam (SDA). Pertambangan yang besar di Kaltim ini membentuk karakter masyarakat, SDA suatu saat habis. Dengan kehadiran IKN maka perlu adanya kurikulum Penguatan Mental Petarung, agar melahirkan insan yang berani bertarung atau kompetisi di bidang Ekonomi, Sosial dan Politik dan lainnya” ujarnya dikutip Sabtu (26/11/2022) 

Tokoh yang pernah 10 Tahun menjadi Anggota DPRD Kaltim (Tahun 2008 hingga 2019) ini menjelaskan, pendidikan di Kaltim yang juga di dukung Otoritas IKN dan Pusat sebagai satu sistem menciptakan peningkatan mental petarung di peserta didik dalam semua sektor kehidupan, kurikulum ini dirancang melibatkan psikolog. 

“Warga Kalimantan Timur harus berani ambil peran dalam semua sektor kehidupan, bukan memerankan sebatas sebagai pendorong tapi memiliki jiwa petarung ini harus dimulai di tanamkan di pendidikan di Kaltim dengan di adanya kurikulum yang berbasis kedaerahan, karena setiap daerah berbeda karakternya, penting ada Kurikulum Penguatan Mental” kata wanita yang juga aktif di organisasi Aisyiyah ini. 

Untuk merancang kurikulum ini, lanjutnya, melibatkan ahli, contohnya Psikolog. "Ini dimulai pada usia dini, dari TK,SD,SMP, pada usia ini masa pembentukan karakter. Penguatan mental ini areanya  kejiwaan Petarung (kompetisi), Optimis dan Progresif, Kepemimpinan  dan Kewirausahaan terhadap tantangan masa kini dan masa depan, seperti hadirnya IKN," tandasnya. (tim redaksi) 

#ikn
#kurikurumpetarung
#peningkatansdmkaltim
#kalimantantimur
#samarinda
#sitiqomariyah

Tidak ada komentar