Breaking News

Revitalisasi Kelar, TMII Uji Coba Dibuka untuk Umum Mulai 20 November

Wajah baru TMII (instagram) 

WELFARE.id-Setelah direvitalisasi hampir satu tahun, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akhirnya siap menunjukkan wajah barunya. Mulai Minggu, 20 November 2022, TMII akan memulai uji coba terbatas untuk pengunjung umum. 

"Selama masa uji coba, jam operasional akan dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. Kuota pengunjung juga dibatasi maksimal 5.000 orang per hari selama masa uji coba," jelas Direktur Utama PT Taman Wisata Candi, Edy Setijono dikutip Kamis (17/11/2022). 

Untuk pembelian tiket masuk, lanjutnya, pengunjung diwajibkan membeli tiket secara daring melalui situs www.tamanmini.com. Pembelian tiket dapat dilakukan mulai 16 November. Untuk harga tiket pengunjung tidak mengalami perubahan, sama sebelum revitalisasi. Bagi pengunjung yang ingin ke TMII, bisa merogoh kocek sebesar Rp25,000, untuk satu tiket. 

"PT TWC sebagai Indonesia Heritage Management memiliki komitmen kuat dalam pengelolaan destinasi heritage and culture yang berkelanjutan dan berkualitas. Untuk itu kita melakukan uji coba terbatas untuk memastikan bahwa destinasj TMII betul-betul siap dikunjungi wisatawan. 

Besar harapan selain sebagai tempat rekreasi, TMII dapat berperan secara maksimal sebagai contoh bagi dunia tentang cara melestarikan sekaligus merepresentasikan kebudayaan dari suatu bangsa," tambahnya. 

PT Taman Wisata Candi ditunjuk oleh Sekretariat Negara sebagai pengelola resmi TMII setelah direvitalisasi. Sarana dan prasana yang direvitalisasi meliputi penataan area gedung utama, renovasi joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno), renovasi museum, penataan lanskap anjungan dan pedestrian, penataan halte, area parkir, kawasan archipelago, renovasi eks Theater Garuda, Keong Mas, dan pembangunan Community Center serta struktur parkir. 

Seusai revitalisasi, TMII juga rencananya menerapkan destinasi wisata keluarga yang ramah lingkungan. Hal tersebut diwujudkan dengan penggunaan kendaraan bebas emisi karbon sebagai transportasi di dalam kawasan Taman Mini. 

Selain kendaraan listrik, TMII juga memperkenalkan Tram Mover yang diberi nama Garuda Kencana sebagai transportasi yang dapat digunakan pengunjung. 

Pengelola mengeklaim, kawasan TMII memiliki 70 persen zona hijau setelah direvitalisasi. Revitalisasi TMII dimulai sejak Januari 2022 dan telah selesai 100 persen pada pertengahan Oktober 2022. Seluruh infrastruktur siap untuk diresmikan meliputi area penataan bangunan seluas 7,71 hektare dan kawasan seluas 26,56 hektare. (tim redaksi

#tmii
#tamanmini
#wisata
#wisatajakarta
#destinasi
#revitalisasitmii

Tidak ada komentar