Breaking News

Reuni Akbar 75 Tahun SMP Negeri 1 Samarinda, Lahirkan Tokoh Keren dan Terkenal

Acara reuni 75 tahun SMP Negeri 1 Samarinda (Spansa), dihadiri Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Minggu (30/10/2022). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Reuni akbar alumni SMPN 1 Samarinda (Spansa) yang digelar Minggu (30/10/2022) di Convention Hall Samarinda, Kalimantan Timur, dihadiri sekitar 4.000  alumni. Mereka datang bukan hanya dari Kaltim saja, tapi juga para alumni datang dari Jakarta dan luar negeri, khusus untuk menghadiri reuni akbar itu.

Hampir semua angkatan dari 1970 hingga 1990 dan 2000 tampak hadir. Bahkan, Gubernur Kaltim Isran Noor yang juga hadir dalam acara itu mengapresiasi seluruh alumni yang datang.

Mengingat pengumuman dan undangan hanya secara online, namun bisa dihadiri begitu banyaknya alumni. "Momen seperti ini tidak gampang dilaksanakan dan diwujudkan. Perlu kekompakan. Hanya dengan pendaftaran online, bisa lebih dari dua ribu yang daftar  online. 

Hebat SMPN 1 ini, alumninya banyak yang bekerja di luar negeri. Pantas bersyukur kepada Allah dan pantas berterima kasih kepada semua pihak, guru, pembina dan kalau ada waktu mendoakan guru-guru Spansa yang lama mengabdi. Kedepan pasti para alumni Spansa akan lebih berperan lagi,” paparnya, dalam sambutan di acara tersebut.

Isran menambahkan, Spansa memiliki peran yang besar dalam mencetak, menghasilkan generasi terpercaya, dan penting di Kaltim. Walaupun banyak yang tinggal kenangan karena kini Spansa dan Smansa dipindahkan ke Jalan Anang Hasyim.

“Tidak ada lagi kenangan, lapangan pemuda berubah menjadi Taman Samarendah,” tutur Gubernur dalam sambutannya. Lebih lanjut, ia mengatakan harapannya untuk mengganti Taman Samarendah menjadi Taman Pemuda, karena menurutnya begitu banyak kenangan disitu oleh alumni-alumni Spansa maupun Smansa.

"Apa susahnya mengganti namanya menjadi Taman Pemuda. Ini perlu dipikirkan, agar usulkan ke Pemkot. Ubah namanya Samarendah itu, karena tidak populer. Dulu tempat lapangan basket, lapangan bola, jadi harus dipikirkan. Biar ada kenangan kita,” harapnya.

Ketua Umum Ika Spansa Hadi Mulyadi menuturkan, pertemuan ini luar biasa karena semua alumni merasakan kenangan bersama. "Tidak ada maksud membesar-besarkan SMP 1, tapi ini memang acara besar yang semua alumni hadir. Ada yang datang dari Australia, Malaysia, bahkan semua ikut berpartisipasi,” ucapnya bangga.

Hadir dalam kegiatan itu, Danrem 091/ASN Dendi Suryadi yang merupakan angkatan Spansa 1985, Rektor Unmul Prof Abdunnur angkatan 1983, Dirut Bankaltim dan Sekda Prov Kaltim yang merupakan angkatan 1986, dan alumni lainnya seperti anggota DPRD Kaltim Agus Suwandi, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Maratua, Hj Meiliana, dan Deputy Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alama IKN, Myrna Asnawati Safitri

Acara reuni kian hangat dengan penampilan band rock Kotak. Membuka penampilan dengan lagu bertemakan kecintaan negeri, "Satu Indonesia". 

Para alumni Spansa tadinya duduk di kursi antusias merapat ke bibir panggung bernyanyi bersama. Dilanjutkan lagu "Terbang" dan "Masih Cinta", ratusan alumni Spansa semangat bernyanyi, termasuk Wagub Kaltim Hadi Mulyadi, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi dan Rektor Unmul Abdunnur duduk di sisi tepi panggung dekat dengan personel kotak Chua, Tantri maupum Cella saat perform dengan atraktif.

Wagub Kaltim, Danrem 091/ASN, dan Rektor Unmul juga sempat naik bernyanyi lagu "Panggung Sandiwara" milik God Bless, bersama diiringi Kotak. Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Dendi Suryadi mengaku sangat terkesan dan bersyukur, juga bangga dengan SMPN 1 Samarinda.

"Ini kan ulang tahun sekolah. Kemudian sekolah tempat mencari ilmu, dan ilmu dalam alquran Rasulullah diajarkan Allah SWT harus punya ilmu. Kalau kita ingin mulia dan bermanfaat kita harus punya ilmu, kita bisa mencintai, menghormati semua dan saya turut bangga. 

Saya juga berterima kasih masih ada adik dan para senior mengorbankan waktu dan materi menyelenggarkaan acara akbar reuni Spansa ini," bebernya.

Ia mengaku, momen sekolah adalah nostalgia yang sulit dilupakan. "Unforgetable moment," katanya lantas tersenyum.

Sedangkan mantan guru olahraga dan ilmu ukur yang sudah pensiun sejak 2000, Hatta, memuji reuni 75 tahun Spansa dan menyambut baik usul Gubernur Kaltim terkait penggantian nama Taman Samarendah menjadi Taman Pemuda. Mengingat sejarah Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto pernah pidato di Lapangan Pemuda yang sekarang jadi taman.

"Insya Allah setuju Taman Samarendah jadi Taman Pemuda. Wali kota setuju karena gubernur sudah ngomong dan tak ada alasan untuk tidak menerima aspirasi ini," cetusnya. (tim redaksi)

#reuniakbarsmpn1samarinda
#spansa
#alumnispansa
#reuniakbar
#gubernurkaltimisrannoor
#wagubkaltimhadimulyadi
#tniad
#korem091asn
#danrem091asndendisuryadi

Tidak ada komentar