Breaking News

Provinsi Duzce Turki Digoyang Gempa 5,6, 68 Orang Terluka 1 Kritis

Warga Duzce, Turki memilih tinggal di luar rumah, usai diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,9, Rabu (23/11/2022). Foto: Istimewa/ The Washington Post

WELFARE.id-Gempa berskala magnitudo 5,9 mengguncang Provinsi Duzce, Turki, Rabu (23/11/2022), melukai sedikitnya 68 orang. Satu korban di antaranya kini dalam kondisi kritis.

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca menyebut, seorang warga Afganistan berusia 28 tahun mengalami pendarahan otak akibat terjatuh dari lantai dua saat gempa. Kini, korban harus menggunakan respirator dan kondisinya masih parah.

Untuk korban luka lainnya, sebanyak 26 korban masih mendapatkan perawatan di rumah sakit. "Selain pasien yang luka parah, secara umum kondisi warga kami baik. Mereka tidak memiliki masalah serius," kata Koca kepada wartawan, melansir Anadolu Agency, Kamis (24/11/2022).

Korban luka diperkirakan masih terus bertambah seiring waktu. Namun, belum terdata adanya korban meninggal dalam kejadian tersebut.

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu, yang tiba di Duzce segera setelah gempa, juga mengatakan sejauh ini tidak ada korban jiwa. AFAD mengatakan gempa berkekuatan 5,9 skala Richter yang berpusat di Distrik Golyaka terjadi pada pukul 04.08 pagi (01.08 GMT) waktu Turki.

Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 6,81 kilometer. Guncangan juga dirasakan di Istanbul dan provinsi lain, termasuk Bolu, Sakarya, Kocaeli, Bursa, Bilecik, dan Izmir dan Kutahya, serta ibu kota Ankara.

AFAD mengumumkan total 74 gempa susulan dirasakan setelah gempa dan pemadaman listrik diberlakukan di wilayah tersebut untuk tindakan antisipasi.

Gubernur Duzce Cevdet Atay mengumumkan bahwa sekolah akan diliburkan untuk sementara usai gempa. Sebatas informasi, ini bukan gempa pertama di Duzce.

Pada 1999, provinsi Duzce dilanda gempa berkekuatan 7,2 yang berlangsung selama 30 detik, menewaskan sekitar 800 lebih korban jiwa dan melukai 2.679 lainnya. Turki merupakan salah satu negara yang kerap dilanda gempa. Negara ini, berada di dekat jalur patahan utama. Wilayah itu juga terjepit di antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Afrika dan Arab. (tim redaksi)

#gempaturki
#gempaduzceturki
#gempabumi
#korbanluka
#korbankritis
#bencanaalam

Tidak ada komentar