Breaking News

Presiden AS Joe Biden Tiba di Bali Semalam, Siap Hadiri KTT G20

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Foto: Istimewa/ Dok.Biro Pers Setpres

WELFARE.id-Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akhirnya tiba di Bali untuk menghadiri KTT G20, Minggu (13/11/2022). Biden mendarat sekitar pukul 21.30 WITA.

Sejumlah foto memperlihatkan bagaimana Biden disambut di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Tari Pendet terlihat menyambut kedatangan orang nomor satu di AS.

"Amazing, splendid wonderfull. Thank you," ujar Biden saat berjalan dikutip Senin (14/11/2022). Kedatangan Biden sendiri disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno. 

Ia mendapat tugas khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan penyambutan. "Saya mendapat kehormatan dan tugas dari negara untuk menyambut Presiden Joe Biden yang mendarat di Bali malam ini sekitar pukul 21.45 dengan menggunakan Air Force One," ulas Sandi.

"Selamat datang Presiden Biden di Wonderfull Indonesia and the beautiful island of the God, Pulau Dewata, Pulau Bali," tambahnya. Selain Biden, Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol juga telah tiba di hari yang sama. 

Sebelumnya, pemerintah RI telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin G20 pada saat KTT. Kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden Jokowi adalah sebanyak 37 orang dari total 41 undangan. 

Sementara pemerintah Fiji, karena tengah menjalani pemilihan umum akan mengirimkan utusan khusus (special envoy). Meksiko dan Brasil juga telah menginformasikan bahwa presiden mereka tidak dapat hadir. 

Meksiko akan diwakili oleh Menlu, sementara untuk Brasil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasinya. Berdasarkan pantauan Tim Komunikasi dan Media G20, beberapa kepala lembaga dunia serta delegasi G20 juga mulai berdatangan sejak kemarin sore. 

Mereka adalah Chairman World Economic Forum Prof Klaus Martin Schwab, Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Dr Muhammad Sulaiman Al Jasser, Director General International Labour Organization Gilbert F Houngbo. 

Ada pula Menlu Meksiko Marcelo Ebrard Casaubon, serta Menlu Rusia Sergey Lavrov. Sehari sebelumnya, Presiden The Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa juga tiba. (tim redaksi)

#presidenasjoebidentibadijakarta
#presidenamerikaserikat
#joebiden
#kttg20
#presidenjokowidodo

Tidak ada komentar