Breaking News

Polisi Naikan Status Penyidikan Kasus Pembuangan Limbah B3 Ilegal di Bogor


Petugas kepolisian memasang garis police line di lokasi tempat pembuangan limbah B3, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Masih ingat kasus lahan pembuangan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) ilegal di Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor yang ditemukan warga beberapa waktu lalu?

Kini kasus itu telah naik ke tingkat penyidikan. Penyidik dari Satreskrim Polres Bogor akan mengumpulkan alat bukti dalam waktu dekat guna menguak kasus limbah berbahaya tersebut.

Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan mengatakan setidaknya ada dua alat bukti yang akan dikumpulkan. Serta menetapkan calon tersangka menjadi tersangka.

Di samping itu, lanjut dia, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor untuk melakukan tes sampling di laboratorium. Polres Bogor saat ini masih menunggu hasil dari uji laboratorium tersebut.

”Tentunya sudah ada orang yang kami curigai, tentunya ketika penyidikan akan kami kumpulkan alat bukti, minimal dua alat bukti dan menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka,” ujarnya, Minggu (6/11/2022).

Siswo juga menyebutkan akan dilakukan tes sampling terhadap tanah dan udara di sekitar lahan seluas 3.000 meter persegi itu. Selain itu, juga akan dilakukan audit dampak kerusakan lingkungan dari pembuanganlimbah B3 ilegal tersebut dengan melibatkan sejumlah akademisi.

Sejauh ini, kata Siswo, dalam penyelidikan polisi sudah melakukan pemeriksaan terhadap tiga orang. Namun ia enggan menyebutkan siapa saja yang telah diperiksa dalam kasus ini.

Siswo mengakui, pihaknya sementara ini belum memeriksa para transporter. ”Makanya kami kan sudah menaikan ke tingkat penyidikan, tentunya semua keterangan akan kami conversikan ke dalam berita acara pemeriksaan dan pihak-pihak itu juga akan kami kembali mintai keterangan dalam penyidikan,” paparnya juga. 

Untuk diketahui, pada akhir Oktober lalu, Polres Bogor bersama DLH Kabupaten Bogor telah melakukan penyegelan terhadap lahan tempat pembuangan limbah B3 di Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor. 

Lahan tersebut telah digunakan untuk membuang limbah B3 secara ilegal selama kurang lebih satu tahun. Kasus ini terungkap setelah adanya laporan masyarakat. 

Plt Kepala Bidang Penegakan Hukum Lingkungan dan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (PHLPLB3) DLH Kabupaten Bogor, Dyan Heru Sucahyo, mengatakan dari hasil pemeriksaan terdapat sekitar lima jenis limbah berbahaya di lahan tersebut.

Bahkan, kata Dyan, diperkirakan ada lebih dari lima jenis limbah yang akan diidentifikasi lebih lanjut. ”Karena ditemukan juga ada TL. TL tuh limbah B3 juga,” paparnya. (tim redaksi)

#kabupatenbogor
#polresbogor
#pembuanganlimbah
#limbahberbahaya
#limbahb3
#dinaslingkunganhidupbogor

Tidak ada komentar