Breaking News

Pohon Tumbang di Halaman Balai Kota DKI, Satu Korban Jalani Operasi Pasang Pen

Pohon tumbang di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (10/11/2022). Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Sejumlah anggota polisi Polda Metro Jaya menjadi korban tertimpa pohon tumbang di depan Kantor Balai Kota Jakarta pada, Kamis (10/11/2022) sore. Mereka telah dirujuk ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Kapolres Metro Jakpus Kombes Pol Komarudin mengatakan, salah satu korban harus menjalani operasi lantaran mengalami luka parah pada bagian lengan. 

"Lima anggota kami dirujuk ke Kramat Jati, itu anggota BKO dari Polda (Metro). Satu orang cukup (luka) serius, kalau yang empat orang alami luka ringan,” kata Komarudin kepada wartawan, dikutip Sabtu (12/11/2022).

Empat korban diantaranya mengalami luka memar pada bagian kaki dan anggota tubuh lainnya terluka karena terkena ranting. Sementara itu, satu orang anggota menderita patang tulang pada bagian lengan. 

Korban dijadwalkan akan menjalani operasi pemasangan pen. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono secara khusus memberikan perintah kepada Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) untuk mengecek seluruh pohon yang berada di lingkungan Balai Kota DKI Jakarta, usai adanya insiden pohon tumbang pada Kamis lalu.

Ia meminta, agar Distamhut bisa melakukan pemeriksaan dan pemangkasan terhadap pohon-pohon yang ada di kantor Balai Kota. "Sudah diperintahkan (ke Distamhut) untuk mengecek dan melakukan pemangkasan semua pohon,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Suzi Marsitawat mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pengecekan secara rutin terhadap pohon tua yang berada di wilayah DKI Jakarta. "Penopingan dilakukan secara rutin terutama terhadap pohon tua/ rimbun. Dilaksanakan oleh Dinas dan suku Dinas di 5 wilayah kota,” yakinnya.

Hujan deras disertai angin kencang sempat mengguyur kawasan Jakarta Pusat. Lima polisi itu hendak melakukan apel konsolidasi usai melakukan pengamanan aksi unjuk rasa di Balai Kota DKI Jakarta.

"Tiba-tiba ada angin kencang dan merobohkan pohon, yang kebetulan anggota itu sedang berada di bawah pohon,” tuturnya. Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril Rizal mengemukakan, jenis pohon besar yang tumbang dan menimpa anggota polisi itu merupakan jenis pohon Trembesit (Sengon).

"Pohon Trembesit (Sengon) dengan tinggi 16 meter, diameter 2,5 meter tumbang. Korban anggota Kepolisian, atas nama Bripda Mahfud, Bripda Lukaman, Bripda Armi, dan Bripda Bionanda,” ungkap Asril dalam keterangan tertulisnya. (tim redaksi)

#korbanpohontumbangdibalaikota
#pohontumbangdibalaikota
#lukaringan
#lukaserius
#penjabatgubernurdkijakarta
#herubudihartono
#anginkencang
#pohonroboh

Tidak ada komentar