Breaking News

Piala Dunia 2022 Qatar, Tiga Wasit Wanita Ikut Pimpin Pertandingan

Tiga wasit wanita yang akan memimpin pertandingan Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar. Foto: AFP

WELFARE.id-Gelaran Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar akan berlangsung dalam hitungan hari lagi. Selain tempat pertandingan, hingga tim yang akan berlaga, FIFA juga sudah menyiapkan para wasit yang akan memimpin pertandingan.

Komite Wasit FIFA telah mengumumkan daftar nama wasit yang dipilih untuk Piala Dunia tahun ini. Mereka terdiri dari 36 wasit ditetapkan bersama 69 asisten wasit, dan 24 anggota tim video wasit .

Dari jumlah itu, FIFA juga menetapkan tiga wasit wanita. Ketiganya masing-masing, Stephanie Frappart (Prancis), Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita dari Jepang.

Stephanie Frappart merupakan perempuan kelahiran 14 Desember 1983. Sedangkan Salima kelahiran 25 Juli 1988, Yoshimi merupakan perempuan kelahiran 20 Februari 1986.

FIFA juga menetapkan 3 wanita yang menjadi asisten wasit, yakni Neuza Back (Brasil), Karen Diaz Medina (Meksiko), dan Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat (AS).

Ketua Komite Wasit FIFA Pierluigi Collina mengatakan, penetapan wasit dan asisten itu dilakukan setelah menilai kualitas pekerjaan dan kinerja yang ditunjukkan di turnamen FIFA. 

Termasuk di kompetisi nasional dan internasional lainnya dalam beberapa tahun terakhir. ”Seperti biasa, kami mengutamakan kualitas di atas segalanya, dan wasit yang dipilih adalah dari level tertinggi di dunia,” katanya seperti dilansir dari situs resmi FIFA.

Dia juga menjelaskan, Piala Dunia 2018 sangat sukses, antara lain untuk keunggulan wasit. Sehingga pihaknya akan memberikan segalanya untuk membuatnya lebih baik di Qatar.

Soal wasit wanita, Collina mengatakan, penunjukan ini merupakan puncak dari proses panjang yang dimulai beberapa tahun lalu dengan penunjukan wasit wanita di turnamen FIFA pria junior dan senior.

”Dalam hal ini, kami tidak akan bosan mengulangi bahwa yang penting adalah kualitas dan bukan gender,” tandasnya. (tim redaksi)


#pialadunia
#qatar2022
#wasitwanita
#fifa
#ketuakomitewasitfifa 
#pierluigicollina

Tidak ada komentar