Breaking News

Pemprov Banten Tegaskan Tiga Perusahaan Besar di Banten Cuma Ekspansi ke Jawa Tengah

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar. Foto: net

WELFARE.id-Hengkangnya tiga perusahaan besar di Provinsi Banten akibat tingginya upah minimum kota/kabupaten (UMK) dibantah Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

Dia memastikan tiga perusahaan raksasa di wilayahnya tidak hengkang. Namun, melakukan pengembangan usaha ke wilayah Jawa Tengah.

Untuk diketahui, tiga perusahaan yang dikabarkan akan hengkang yakni PT KMK Global Sport di Cikupa, Kabupaten Tangerang, lalu PT Nikomas Gemilang dan PT Parkland World Indonesia (PWI) 1 dan 2 yang memiliki pabrik di wilayah Cikande, Kabupaten Serang.

"Bahwa perusahaan melakukan ekspansi usaha ke berbagai tempat itu murni otoritas bisnis dari perusahaan itu, sehingga bisnis berkembang di area lainnya. Tapi tentu yang di sini (Banten) masih bisa buka," kata Al Muktabar, Rabu (16/11/2022).

Penjabat gubernur yang akrab disapa Al ini juga mengatakan, meski membangun pabrik di daerah lain ketiga perusahaan padat karya itu akan tetap beroperasi dan berinvestasi di Provinsi Banten.

Pemprov Banten, ujar juga pria yang masih menjabat Sekda Banten itu, akan memberikan kemudahan-kemudahan bagia para investor termasuk tiga perusahaan padat karya tersebut.

Al menambahkan, setelah melakukan komunikasi bahwa ketiga perusahaan itu melakukan ekspansi sebagai upaya memperluas pangsa pasar dan memperbanyak produksi dalam rangka memenuhi pesanan terutama untuk ekspor.

"Kita punya hal hal yang dipertimbangkan secara investasi memungkinkan untuk itu mereka berlanjut dan berjalan, kalau kita lihat informasi berkembang pada dasarnya mereka yang punya usaha di tempat lain itu ekspansi usaha pengembangan usaha," papar Al juga.

Al juga mengatakan pengembangan usaha itu bisa saja dimana saja. ”Berarti mereka punya perhitungan yang luas untuk produksi yang ada punya cakupan lebih luas ke pangsa pasar yang mereka miliki marketnya," cetusnya juga.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten Septo Kalnadi  mengatakan tiga perusahaan besar tidak hengkang. Namun, hanya melakukan ekspansi bisnis ke Jawa Tengah. "Saya nyatakan bahwa omongan itu tidak benar, dan kita berharap tiga perusahaan itu tetap bertahan di Banten," kata Septo kepada wartawa usai menerima audensi dengan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) Banten di kantornya, Selasa (15/11/2022).

"Tidak hengkang, mereka hanya ekspansi bisnis dan dalam manajemen bisnis ada metode tertentu untuk mempertahankan jalannya usaha," paparnya.

Adanya kabar rencana hengkangnya tiga perusahaan besar tersebut, membuat pekerja di tiga perusahaan sepatu itu resah dan khawatir di PHK dan menjadi pengangguran. Karena itu mereka meminta agar Pemprov Banten mengambil kebijakan untuk mempertahankan tiga perusahaan sepatu dan tekstil tersebut. (tim redaksi)

#provinsibanten
#perusahaan
#pabriksepatu
#batalhengkang
#pemprovbanten
#penjabatgubernur
#almuktabar

Tidak ada komentar