Breaking News

Pemilu Serentak 2024, Komnas HAM Wanti-wanti Agar Kematian Petugas KPPS tak Terulang

Komisioner Komnas HAM Hairansyah Akhmad. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Gelaran Pemilu 2024 yang serentak yang berbarengan yakni Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) hingga Pemilihan Presiden (Pilpres) dipastikan bakal sibuk. 

Karena itu, sejumlah pihak meminta agar KPU RI menyusun program kerja agar peristiwa kematian ratusan panitia pemungutan suara pada Pemilu 2019 terulang lagi. 

Karena itu, Komisioner Komnas HAM Hairansyah Akhmad mewanti-wanti pemerintah dan KPU RI tentang potensi kematian para petugas di Pemilu 2024 mendatang.

Hairansyah mengatakan Pemilu 2024 masih menggunakan undang-undang yang sama dengan Pemilu 2019. Berdasarkan catatan Komnas HAM, lebih dari 800 petugas meninggal dunia karena kelelahan pada Pemilu 2019.

"Dengan undang-undang yang sama, maka beban kerja sebagai indikator adanya kelelahan yang menimbulkan kematian dan sakitnya penyelenggara saat itu mungkin masih akan terjadi," kata Hairansyah pada jumpa pers daring, Kamis (10/11/2022).

Hairansyah juga mengingatkan Pemilu 2024 semakin berat karena ada dua pemilihan serentak. Selain pemilu yang serentak untuk lima pemilihan pada Februari 2024, ada pula pilkada yang digelar pada November 2024.

Karena itu, dia menyarankan pemerintah dan KPU mengefektifkan penggunaan teknologi informasi. Menurutnya, hal itu dapat mengurangi beban kerja para petugas di lapangan.

Selain itu, Hairansyah juga menyarankan pemerintah dan KPU memangkas waktu distribusi logistik. Dia menyebut salah satu penyebab kelelahan petugas adalah menunggu logistik pemilu yang telat datang.

"Bahkan ada yang sampai pagi. Padahal, pagi hari mereka harus melaksanakan tugas pemungutan, perhitungan, dan rekapitulasi hasil suara di tingkat TPS. Secara fisik mereka terkuras," ujarnya juga.

Ia pun meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk menyiagakan petugas kesehatan dan fasilitas kesehatan selama Pemilu 2024. 

Petugas kesehatan diharapkan bisa memberi bantuan kesehatan saat ada petugas yang sakit saat pemungutan, penghitungan, hingga rekapitulasi suara. (tim redaksi)


#pemilu2024
#pemiluserentak
#komnasham
#tpps
#petugaskelelahan
#kpu
#kemenkes

Tidak ada komentar