Breaking News

Pemicu Diabetes Ternyata Bukan Hanya Makanan Manis Saja, Begini Kata Dokter Gizi

Berani tolak makanan manis. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Makanan dan minuman manis atau berpemanis digadang-gadang sebagai penyebab utama penyakit diabetes. Hal itu tidak salah.

Tapi, kamu juga perlu tahu, makanan tidak manis pun bisa menjadi penyebab gula darah tinggi. Menurut Medical Affairs Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita, penyebab lain munculnya diabetes, karena konsumsi karbohidrat berlebih yang sifatnya sederhana atau mudah dipecah menjadi gula seperti nasi, roti, dan mie. 

Ditambah makanan manis serta memilih camilan tak tepat dan pola makan kurang baik, mempercepat orang terkena diabetes. "Penyebab orang terkena diabetes bisa karena faktor keturunan atau genetik, namun lebih dari 80 persen diabetes khususnya yang disebut tipe 2 disebabkan gaya hidup yang sedenter atau jarang beraktivitas fisik,” terangnya dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (22/11/2022).

Diabetes tidak hanya menyerang orang berusia di atas 40 tahun, tetapi bisa terjadi pada orang usia 25-30 tahun juga. Gejala klasik diabetes pada umumnya yaitu sering merasa lapar, haus, dan buang air kecil di malam hari.

"Banyak makan, tetapi berat badannya semakin lama semakin menurun karena nutrisi di dalam bahan makanan tadi tidak bisa diserap oleh tubuh, sehingga tidak menutrisi sel-sel di dalam tubuh. Gejala lainnya, mudah lelah, lemas, dan mengantuk,” rincinya.

Pada gejala yang berat yaitu apabila terdapat luka, khususnya di kaki maka akan lama sembuhnya dan berisiko cepat menjadi borok bahkan bisa diamputasi. Oleh sebab itu, dia menyarankan, agar orang berusia di atas 25 tahun perlu rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk memeriksa gula darah.

Tujuannya, untuk mendeteksi secara dini, jika kadar gula darah tidak dalam batas yang normal. Terlebih, buat kamu yang memiliki riwayat keluarga berpenyakit diabetes. 

Diabetes yang tidak ditangani akan menyebabkan komplikasi pada pembuluh darah. Karena gula darah yang tinggi merusak dinding pembuluh darah, sehingga berujung mencetuskan penyakit jantung, stroke, ginjal, saraf, ataupun mata.

Diabetes tidak dapat disembuhkan, tetapi penyandang diabetes dapat hidup aktif dan produktif jika kadar gula darahnya terkontrol. Perubahan gaya hidup menjadi sehat perlu dilakukan meliputi konsumsi bahan makanan sesuai kebutuhan tubuh masing-masing. 

"Pola makan harus gizi seimbang. Ada komposisi karbohidrat kompleks lepas lambat, protein yang cukup, tinggi serat, memperhatikan sumber lemak baik, serta vitamin dan mineral untuk melengkapi nutrisi harian,” sarannya lagi. (tim redaksi)

#penyakitdiabetes
#makananmanis
#cemilanmanis
#karbohidrat
#perhatikangiziseimbang
#tipsterhindardaridiabetes
#guladarahtinggi

Tidak ada komentar