Breaking News

Pagi Ini, 3 Gempa Guncang Indonesia, Magnitudo 6,1 di Sitaro, Sulut

Tangkapan layar BMKG 

WELFARE.id-Gempa bumi terkini berkekuatan magnitudo 6,1 guncang wilayah Ondong, Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) pada Minggu (6/11/2022) pagi. Guncangan gempa tersebut berpusat di laut. "Gempa Mag:6.1, 06-Nov-22 07:03:14 WIB," dikutip dari akun resmi Info BMKG, Minggu (6/11/2022). 

Gempa tersebut terjadi pada pukul 07.03 WIB. Pusat gempa berada di 69 kilometer barat daya Ondong, Sulut. Koordinat titik gempa berada di 2.46 LU (Lintang Utara), dan 124.80 BT (Bujur Timur). 

BMKG menyampaikan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Saran BMKG, agar berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. 

Kedalaman pusat gempa berada di kedalaman 255 kilometer. 

Belum diketahui apakah ada kerusakan akibat dari gempa ini. 

Sementara itu, Gempa magnitudo 3,7 juga mengguncang Kabupaten Gianyar, Bali sekitarnya pukul 07:46:40 Wita. Gempa tersebut tidak menimbulkan potensi gelombang tsunami. 

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat guncangan dirasakan hingga wilayah Denpasar. Hal tersebut diungkap salah satu warga di Jalan Kenyeri, Denpasar Timur, Destarita Rahmawati (27). 

"Tadi saya sedang menyusui. Kebetulan kasur saya nggak pakek dipan, langsung di lantai. Saya kerasa ada gempa, cepat getarannya, bukan yang lambat, sebentar banget," ungkapnya. 

BMKG Bali mengumumkan gempa bumi tersebut berkekuatan magnitudo 3,7. BMKG Bali mencatat pusat gempa berada di darat Kabupaten Gianyar berada pada titik koordinat 8.60 LS 115.27 BT. "Gempa dengan magnitudo 3,7. Pusat gempa berada di kedalaman (hiposentrum) 9 kilometer barat daya Gianyar," jelas BMKG Bali. 

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa M 3,7 tersebut. 

Sebelumnya, gempa dengan kekuatan magnitudo 4,6, juga mengguncang kawasan Sukabumi, Jawa Barat pagi ini. 

BMKG mencatat, gempa tersebut berkedalaman 37 km. Gempa yang terjadi pada pukul 04.51 WIB tersebut berpusat di laut 93 km baratdaya Sukabumi. 

Gempa ini juga dirasakan di wilayah Cigaru, Pelabuhan Ratu, Cipangikis, Sindangbarang, Pameungpeuk, Agrabinta. Belum ada laporan terkait korban jiwa maupun kerusakan infrastruktur akibat guncangan gempa tersebut. (tim redaksi

#gempa
#bmkg
#gempasitaro
#gempabali
#gempasukabumi
#sitaro
#sulut
#baligempa
#sukabumigempa

Tidak ada komentar