Breaking News

Normalisasi Kali Ciliwung, Puluhan Rumah di Rawajati Dibongkar

Pembongkaran rumah di Rawajati (ist) 

WELFARE id-Melanjutkan program normalisasi kali Ciliwung, puluhan rumah yang terletak di RW 07 Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan mulai dibongkar pada Rabu (9/11/2022). 

Pembongkaran rumah warga dilakukan terkait program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta penanganan banjir dengan normalisasi Kali Ciliwung. Pembongkaran rumah dilakukan setelah pemilik menerima kompensasi atau pembayaran dari pemerintah. 

Alat berat atau backhoe diterjunkan untuk menghancurkan rumah warga. Tampak tembok rumah itu dirobohkan serta puing-puing sisa pembongkaran dibiarkan untuk diratakan dengan lahan.  

Di sisi lain, ada juga beberapa tempat tinggal warga yang masih tegak berdiri di tengah sejumlah rumah yang dibongkar. "Kalau yang dibongkar itu yang sudah dibayar. Kalau itu (yang belum dibongkar) yang belum dibayar," kata Wawan kepada wartawan, dikutip Kamis (10/11/2022). 

Sebelumnya, Ketua RW 07 Rawajati, Sari Budi Handayani mengatakan, ada 63 bidang tanah yang terkena pembebasan lahan dari program normalisasi Kali Ciliwung.  

Dari total bidang tanah itu, 40 di antaranya sudah terima pembayaran sesuai harga appraisal. Sedangkan pemilik rumah lain belum menerima pembayaran. 

Warga RW 07 Rawajati yang belum menerima pembayaran atas pembebasan lahan tersebut sebelumnya menjalani musyawarah dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.  

Camat Pancoran Alamsyah mengatakan di Kelurahan Rawajati ada tiga RW yang terdampak pembebasan lahan normalisasi kali ciliwung. “Untuk hari ini di RW 07 ada 40 rumah yang sudah dibayar, ada 38 bidang dilakukan pembongkaran sisa dua bidang,” tukasnya. 

Ia juga menambahkan selain di RW 07 Kelurahan Rawajati, ada RW 03 21 bidang rumah sudah dibayar. “Di RW 03 sisa 7 bidang belum dibongkar,” ungkap camat. 

Tak hanya di Rawajati, tiga kelurahan di Jakarta Selatan juga terkena proyek normalisasi kali Ciliwung. Walikota Jakarta Selatan Munjirin menuturkan, untuk di Jakarta Selatan ada tiga Kelurahan di bantaran kali Ciliwung yang masuk program normalisasi kali Ciliwung. “Ya sedang berjalan di tiga kelurahan pertama Kelurahan Rawajati, Kelurahan Pejaten Timur, dan Kelurahan Tanjung Barat sedang melakukan normalisasi,” katanya. (tim redaksi) 

#ciliwung
#normalisasikaliciliwung
#rawajati
#pancoran
#pembongkaranrumah

Tidak ada komentar