Breaking News

Masuk Bursa AS, Transcoal Siap Dual Listing

Ilustrasi (net) 

WELFARE.id-Emiten pelayaran PT Transcoal Pacific Tbk. (TCPI) berencana melaksanakan dual listing di bursa Amerika Serikat. Pada aksi tersebut, perseroan akan menerbitkan saham baru maksimal 10 persen dari modal disetor saat ini untuk didaftarkan masuk bursa Amerika Serikat. 

Direktur Utama PT Transcoal Pacific Tbk, Denry Raymond Lelo mengatakan, saat ini TCPI sedang dalam proses pembuatan kontrak dengan salah satu perusahaan penjamin emisi yang ada di Amerika Serikat dengan nilai kontrak yang masih akan ditentukan kemudian. 

“Apabila transaksi ini berjalan sesuai dengan rencana, maka akan memberikan dampak positif terhadap perusahaan. Karena perusahaan akan mendapatkan adna dari hasil dual listing yang dapat digunakan untuk pengembangan kegiatan operasional perusahaan,” ujarnya dalam keterbukaan informasi, dikutip Jumat (11/11/2022). 

Transaksi ini juga akan memberikan dampak positif terhadap keuangan perusahaan karena perusahaan mendapatkan tambahan dana dari hasil penerbitan instrumen investasi serta bisa diterbitkan dan diterima oleh pasar modal AS. “Dengan transaksi ini diharapkan kelangsungan usaha perusahaan tetap terjaga dan terjamin dengan baik,” tambahnya. 

Sebagai informasi, PT Transcoal Pacific Tbk melaksanakan penawaran saham perdana (Initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia pada 6 Juli 2018. Mengutip laman Bursa, jumlah akumulasi saham saat ini sebanyak 5 miliar lembar saham. Pemegang saham perseroan saat ini sebanyak 55 persen dimiliki oleh PT Sari Nusantara Gemilang. Kemudian PT Karya Permata Insani dan masyarakat masing-masing genggam 25 persen dan 20 persen. 

Mengutip data Bloomberg, harga saham TCPI saat ini cukup tinggi, Rp10.675 per saham, dan pada perdagangan terakhir tercatat naik 100 poin atau 0,95 persen. Harga saham TCPI bertumbuh positif sepanjang 2022 dengan kenaikan 6,22 persen sepanjang 2022 berjalan, dan naik 16,99 persen dibandingkan dengan setahun lalu. (tim redaksi) 

#transcoalpacific
#duallisting
#bursaas
#transcoaldualisting
#emiten
#emitenpelayaran

Tidak ada komentar