Breaking News

Lokasi Konser Masih Belum Fix, Penjualan Tiket Blackpink Dimulai Hari Ini

Grup K-Pop Blackpink dalam formasi lengkap. Foto: Istimewa/ Twitter @BBU_BLACKPINK

WELFARE.id-Penjualan tiket konser grup K-Pop Blackpink dimulai hari ini dan besok. Konser Blackpink sendiri direncanakan digelar di Jakarta, 11-12 Maret 2023 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Meski masalah lokasi konser masih belum fix, namun pihak promotor memastikan, Blackpink bakal menemui penggemarnya sesuai jadwal.

Konser ini merupakan yang kedua. Sebelumnya, grup beranggotakan Lisa, Jennie, Rose, dan Jisoo itu pernah menggelar konser "In Your Area" pada 2019 lalu.

Pada konser kali ini, grup K-Pop asal Korea Selatan itu akan mempromosikan materi album baru mereka "Born Pink", membawakan lagu hits mereka, seperti "Pink Venom" dan "Shut Down" secara live. Termasuk juga berbagai hits dari album sebelumnya yang membawa Blackpink ke puncak ketenaran mereka, hari ini.

"Komunitas penggemar Blackpink atau Blinks sangat besar di Indonesia, jadi tentu konser ini sudah sangat dinantikan. Konser akbar dari salah satu grup terbesar dunia ini menjadi manifestasi nyata pemulihan industri hiburan di Indonesia dan tiket.com terus berkomitmen untuk mendukung kebangkitan industri pariwisata dan hiburan di Indonesia," kata VP of Brand Marketing tiket.com Maria Risa Puspitasari, dalam keterangan resminya, dikutip Senin (14/11/2022).

Sejak debut pada 2016, Blackpink telah memenangkan lebih dari 25 penghargaan dari 100 nominasi musik internasional. Tidak hanya itu saja, prestasi terbaru pun hadir ketika Blackpink meluncurkan "Born Pink" dan menjadi girlgroup K-Pop perdana dalam sejarah yang meraih predikat Double Million Seller karena berhasil menjual album 2+ juta keping album. 

Single terbaru yang bertajuk Pink Venom juga sudah ditonton sebanyak 90+ juta kali dalam kurun waktu 24 jam, menjadikan "Pink Venom" sebagai salah satu video yang paling banyak ditonton dalam kurun waktu 24 jam di tahun ini.

Sementara itu, menanggapi rencana Stadion GBK sebagai lokasi konser Blackpink, Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) Rakhmadi Afif Kusumo mengakui, adanya potensi pemasukan dari konser Blackpink-Raisa. Bahkan, dia menyebut, pemasukan bisa menutupi 50 persen biaya operasional Stadion GBK.

"Insya Allah 50 persen. Khusus pengelolan stadion utama, kami memang menggunakan dana pengelolaan sendiri. Itu tidak seperti renovasi besar, contohnya ketika Asian Games 2018 dan pembangunan Indonesia Arena untuk Piala Dunia FIBA 2023, yang dibantu Kementerian PUPR," kata Rakhmadi di Jakarta, sebelumnya.

Namun, ia tidak merinci besar pemasukan tersebut, termasuk nilai perawatan SUGBK. Ia hanya pernah menyatakan, biaya perawatan Kompleks GBK mencapai Rp20 miliar per bulan. 

Jumlah itu mesti dipenuhi oleh PPKGBK secara mandiri karena sejak 2008 mereka berstatus Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Sekretariat Negara yang tidak masuk pembiayaan APBN. Kondisi tersebut membuat PPKGBK mesti kreatif mencari pendapatan. 

Saat ini, kata Rakhmadi, PPKGBK mesti berjibaku mencari dana perawatan Kompleks GBK, apalagi saat pandemi COVID-19. "Masa pandemi itu sangat berat bagi kaki yang harus bertahan tanpa adanya penggunaan fasilitas untuk olahraga dan nonolahraga tetapi kami mesti terus melakukan perawatan," akunya jujur.

Oleh sebab itu, PPKGBK mengupayakan agar konser Blackpink-Raisa tetap bisa dilangsungkan di SUGBK. Selain berpeluang mendapatkan pemasukan, PPKGBK menilai kegiatan itu memberikan ruang agar aktivitas budaya, ekonomi kreatif dan olahraga berjalan beriringan.

"Kami selektif dalam memilah kegiatan di SUGBK. Kami hanya mau memberikan kesempatan untuk kegiatan yang berdampak positif, memajukan ekonomi kreatif, dan memberikan efek ganda," ucapnya logis.

Konser Blackpink dan Raisa belum dipastikan digelar di SUGBK setelah Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan semua stadion untuk Piala Dunia U-20 2023 tak boleh digunakan untuk kegiatan-kegiatan mulai November 2022. Sementara, lonser Blackpink rencananya berlangsung pada 11-12 Maret 2023 dan Raisa dijadwalkan tampil pada 25 Februari 2023. (tim redaksi)

#konserblackpink
#stadiongelorabungkarno
#singlepinkvenom
#konserbornpink
#tiketbornpinkdijualhariini
#girlbandkpop
#singleshutdown
#laguhits

Tidak ada komentar