Breaking News

Lagi Hype, Segini Biaya Franchise Mixue!

Mixue (welfare.id/dewi maryani) 

WELFARE.id-Baru-baru ini brand Mixue Ice Cream & Tea tengah viral di sosial media. Pasalnya, Mixue Ice Cream & Tea menawarkan es krim dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp8 ribuan hingga Rp22 ribu-an. Tak hanya es krim, Mixue juga memiliki berbagai varian menu dengan aneka rasa. 

Di sisi lain, es krim Mixue yang populer di TikTok ini juga menawarkan bisnis waralaba (franchise) kepada masyarakat. Nah, buat kamu yang ingin mengambil franchise Mixue, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini. 

Sejarah Mixue Ice Cream & Tea 

Mixue Ice Cream & Tea didirikan oleh pengusaha asal China, yakni Zhang Hongchao pada tahun 1997. Dilansir dari situs Foodtalks, saat itu Zhang mengawali bisnisnya dengan modal awal sebesar 4 ribu Yuan atau sekitar Rp7 juta. Dengan terbatasnya modal, ia menggunakan peralatan sederhana untuk dijadikan sebagai mesin serut, seperti meja pemutar, pemotong, dan sepeda motor. 

Awal mulanya, Zhang menjual tiga produk, yakni es krim, es serut, dan smoothie. Seiring bertambahnya konsumen konsumen, ia juga menambahkan menu teh susu. Dalam sehari, Zhang memperoleh keuntungan 100 Yuan atau senilai Rp175 ribu. 

Tahun 2007, Zhang kemudian membuka tawaran franchise. Tercatat, sampai tahun 2008 ada sekitar 180 cabang yang tersebar. Mulai tahun 2018, Mixue kemudian melebarkan usahanya hingga ke Vietnam. Sementara di negaranya sendiri, produk ini lebih dikenal dengan nama Mixue Bingchen (XBMC). 

Syarat Franchise Mixue Ice Cream & Tea 

Di Indonesia, pemegang hak franchise Mixue Ice Cream & Tea yakni PT. Zisheng Pacific Trading. Mixue Ice Cream & Tea tidak menetapkan persyaratan khusus bagi calon mitra. Bahkan sistem franchise merek ini berbentuk usaha mandiri. Artinya tidak ada royalti maupun bagi hasil yang harus disetorkan sehingga seluruh laba yang diterima, sepenuhnya dinikmati oleh mitra. 

Meski begitu, bagi calon mitra ada ketentuan yang mesti dipenuhi. Mitra Mixue wajib menyediakan tempat operasional, meliputi luas bangunan minimal 25 meter persegi, lebar 3,8 meter, tinggi plafon 2,7 meter, terdapat sumber air bersih, sanitasi yang baik, dan daya listrik 33 ribu Watt. Mixue juga menyediakan kontraktor untuk mendesain interior gerai sesuai standar. 

Harga Franchise Mixue Ice Cream & Tea 

Berdasarkan surat yang diterbitkan oleh PT. Zisheng Pacific Trading pada 31 Maret 2022, biaya franchise Mixue Ice Cream & Tea sekitar Rp808 juta (370 ribu Yuan). Angka itu sudah termasuk keseluruhan investasi dari awal pembangunan gerai. Adapun, Mixue juga memberikan potongan harga serta buku resep, menu, perlengkapan pembuatan produk, seragam karyawan, hingga pendampingan dari manajemen. 

Untuk detail biaya franchise Mixue Ice Cream & Tea tersebut, antara lain: 

- Deposit sebesar Rp40 juta. 

- Manajemen berkisar antara Rp18 juta – Rp24 juta. 

- Alat dan mesin sebesar Rp170 juta. 

- Bahan baku awal sebesar Rp100 juta. 

- Biaya renovasi sebesar Rp200 juta – Rp350 juta. 

- Perkiraan omset sebesar Rp300 juta setiap bulan. 

- HPP senilai 40 persen 

- Margin senilai 60 persen (belum dikurangi operasional gerai). 

- BEP dengan target 12-18 bulan. 

Cara Daftar Franchise Mixue Ice Cream & Tea 

- Lakukan konsultasi kemitraan melalui telepon atau WhatsApp ke nomor 0819-9360-6666. 

- Ajukan permohonan sebagai calon mitra. 

- Selanjutnya pihak Mixue Ice Cream & Tea akan melakukan evaluasi terkait gerai dan sebagainya. 

- Dilakukan penandatangan kontrak yang disetujui pihak mitra dan Mixue. 

- Manajemen akan membantu proses dekorasi toko. 

- Mendapatkan pelatihan teori dan praktik berkaitan dengan pengoperasian toko. (tim redaksi) 

#bisnis
#fnb
#bisnisfnb
#waralaba
#franchise
#mixue
#franchisemixue

Tidak ada komentar