Breaking News

Korban Gempa Cianjur Mulai Terserang ISPA, Bupati Minta Bantuan Tenda-Tenda Kecil Per KK

Presiden Joko Widodo saat berbincang dengan warga korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Foto: Istimewa/ Dok.Sekretariat Presiden

WELFARE.id-Warga pengungsi korban gempa Cianjur, Jawa Barat mulai dihantui berbagai penyakit. Mulai dari batuk pilek, diare, hingga infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Itu sebabnya, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan bantuan mendesak yang saat ini dibutuhkan para pengungsi gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat adalah tenda-tenda kecil. "Bantuan apa yang diperlukan saat ini? Yang sangat diperlukan sekarang adalah tenda-tenda kecil yang di tiap-tiap rumah," kata Herman dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, dikutip Senin (28/11/2022).

Ia menuturkan, di tenda-tenda komunal, sudah muncul penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Ia khawatir jika pengungsi terus berada di tenda komunal, akan menambah penderita ISPA.

Oleh karena itu, tenda-tenda kecil tersebut akan berguna untuk dihuni tiap kepala keluarga ketika warga sudah aman kembali ke rumahnya dan membangun tenda kecil di sekitar rumah, sambil membersihkan puing-puing rumahnya. 

Sementara itu, pembangunan rumah baru untuk korban terdampak gempa Cianjur direncanakan dibangun di lahan sekitar dua hektare yang berlokasi di Kampung Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Jumlah yang akan mengisinya kurang lebih 200 rumah. Kita prioritaskan sesuai saran dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mana saja (rumah terdampak gempa) yang tidak boleh dibangun kembali," ujarnya.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Cianjur mencatat bantuan uang yang masuk untuk penanganan korban gempa Cianjur sekitar Rp2,62 miliar dari 418 donatur, dan angka itu di luar bantuan barang. Selain itu, ada juga yang langsung mengirimkan bantuan ke tempat-tempat pengungsian.

Herman mengimbau, agar pada donatur yang memberikan langsung bantuan ke warga dapat memberitahukan ke posko yang ada. Sehingga penyaluran bantuan tidak tumpang tindih atau menumpuk di satu posko namun menipis di posko lainnya. (tim redaksi)

#gempacianjur
#tendapengungsian
#tendakecil
#bupaticianjurhermansuherman
#ispa
#diare
#poskobantuankorbangempacianjur
#pemkabcianjur

Tidak ada komentar