Breaking News

Kendalikan Inflasi, Pemprov Kalsel Gelar Pasar Rakyat Jual Sembako Murah

Kegiatan Turdes yang digelar Pemprov Kalsel di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Sabtu (5/11/2022). Foto: Istimewa 

WELFARE.id-Guna mengendalikan inflasi, Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar program Turdes atau turun ke desa. Hari ketiga program Turdes, aparatur Pemprov Kalsel menyambangi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). 

Di Kabupaten ini, tepatnya di Desa Loksado, Pemprov Kalsel menggelar Pasar Rakyat untuk UMKM sebagai upaya penanangan inflasi, Sabtu (5/11/2022) pagi.
Warga pun menyerbu paket sembako yang dijual di Pasar Rakyat. 

Paket sembako yang dijual pada Pasar Rakyat berupa minyak goreng, tepung, telur, bawang merah, bawang putih dan gula dengan haga Rp68 ribu per paketnya.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan salah satu fokus Pemprov Kalsel saat ini dan beberapa waktu ke depan adalah pengendalian inflasi daerah. Hal ini dilakukan untuk merespons situasi perekonomian global yang masih tidak menentu.

”Kita perlu melakukan intervensi dan menyalurkan bantuan bagi keluarga penerima manfaat atau masyarakat yang memang membutuhkan atau terdampak kenaikan harga beberapa komoditas. Kegiatan ini juga merupakan simbol komitmen kita bersama untuk menyukseskan upaya bersama dalam pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” terangnya. 

Menurut Paman Birin, untuk menekan inflasi mau tidak mau semuanya harus sama-sama berkolaborasi, bergotong royong untuk melakukan berbagai gerakan. Di antaranya seperti yang telah dilakukan yaitu Pasar Rakyat.

Sedangkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel Yanuar Noor Rifai mengatakan Pasar Rakyat digelar di seluruh kabupaten kota. Menurutnya, Pemprov Kalsel menyiapkan 1.000 paket sembako untuk pengendalian inflasi.

Sekda Kabupaten HSS Muhammad Noor mengaku pihaknya sudah menyisihkan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar dua persen untuk pengendalian inflasi daerah. 

”Insya Allah pekan depan kita sudah menyalurkan semua kegiatan yang kita arahkan untuk keamanan dampak akibat kenaikan BBM sekaligus sebagai penanganan inflasi di HSS,” ujarnya. 

Ia juga berterima kasih atas perhatian Pemprov Kalsel terhadap pengendalian inflasi di daerah termasuk HSS. ”Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat kami di HSS,” katanya. 

Selain menggelar Pasar Rakyat, Pemprov Kalsel secara simbolis juga menyerahkan bantuan sosial paket sembako, bantuan paket ibu hamil dan balita, dana hibah musala, buku untuk perpustakaan, bibit pohon, serta bantuan alat olahraga. (tim redaksi)


#inflasi
#pemprovkalsel
#sembakomurah
#pasarrakyat
#kabupatenhulusungaiselatan
#bantuanuntukwarga

Tidak ada komentar