Breaking News

Kenapa Biaya Lasik Mahal? Ini Penjelasan Ahli!

Ilustrasi (net) 

WELFARE.id-Mengatasi masalah pada mata dengan cara operasi lasik atau laser-assisted in-situ keratomileusis belakangan kian ngetrend. Prosedur bedah ini, memiliki tujuan untuk memperbaiki fungsi kornea mata, yaitu membiaskan (refraksi) cahaya yang masuk ke mata, sehingga  bisa melihat dengan normal. 

Meski dinilai efektif dalam menyembuhkan masalah pada mata, misal minus, plus, hingga silinder, tapi biayanya pun tinggi. Sekali menjalani operasi lasik mata, kamu akan dikenakan biaya kurang lebih puluhan juta rupiah. "Untuk lasik, biayanya mulai dari Rp9,9 juta. Itu untuk satu mata ya,' jelas Dokter Sophia Pujiastuti, Sp.M(K), MM, Dokter Mata yang berpraktik di SILC Lasik Center dikutip Rabu (30/11/2022). 

Dia menjelaskan, operasi mata lasik mahal disebabkan karena mesin yang digunakan dalam operasi juga berharga sangat mahal. 

Tidak hanya mesin yang mahal, rupanya bahan habis pakai yang digunakan dalam operasi lasik juga sangat mahal. Kedua hal tersebut mengikuti fluktuasi nominal euro. Sebab, barang-barang tersebut diimpor dari luar negeri. "Mesinnya itu mahal dan bahan habis pakainya (consumable), kita masih pesan ke luar. Jadi kita mengikuti fluktuasi euro, dan kalau fluktuasinya naik kita akan mengikuti naik," ujarnya 

Untuk SILC Lasik Center, klinik ini mengimpor barang dari Jerman. Sehingga, operasi mata lasik bisa dilakukan dengan baik dan presisi. "Untuk melakukan layanan operasi memang mahal dan kami juga mengambilnya  dari Jerman," jelas dr. Sophia. 

Misalnya saja Schwind Atos yang dimiliki oleh SILC Lasik Center. "Schwind Atos merupakan mesin tercanggih saat ini, dan satu-satunya di Indonesia yang memiliki keunggulan Automatic Cyclotorsion Compensation and Centration dengan prosedur Minimally Invasive Lenticule Extraction," jelasnya. 

Meski tak menyebutkan dengan pasti harga alat tersebut, dr Sophia mengaku alat tersebut berharga miliaran. (tim redaksi) 

#lasik
#hargalasik
#kenapalasikmahal
#operasimata
#biayaoperasilasik

Tidak ada komentar