Breaking News

Kalahkan BRI dan BCA, Bank Mandiri Jadi Bank dengan Aset Terbesar di Indonesia

Kantor Pusat Bank Mandiri di Jakarta. Foto: net

WELFARE.id-Indonesia memiliki 5 bank dengan aset terbesar. Dari lima bank itu, 4 bank merupakan bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau milik pemerintah. 

Adapun lima bank yang memiliki aset terbesar itu adalah, PT Bank Mandiri yang merupakan bank BUMN. Bank ini hingga September 2022 memilik total aset senilai Rp1.839,3 triliun atau naik 12,3 persen year on year (yoy).

Lalu di posisi kedua ditempati PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang juga merupakan bank BUMN. Aset bank ini mencapai Rp 1.684,6 triliun atau naik 4 persen yoy.

Selanjutnya adalah BCA yang merupakan bank swasta satu-satunya yang mengalami kenaikan 10,2 persen secara yoy dengan nilai aset sebesar Rp1.288,7 triliun. 

Sedangkan di posisi keempat dan kelima ada BNI dan BTN yang keduanya merupakan bank BUMN dengan masing-masing aset Rp946,49 triliun dan Rp389,2 triliun.

Kedua bank negara itu juga mengalami kenaikan secara tahunan. PT Bank Negara Indonesia sebesar 2,6 persen secara yoy dan 5,77 persen secara yoy untuk PT Bank Tabungan Negara (BTN).

Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat aset perbankan Tanah Air masih sehat serta kuat. Bahkan lembaga tersebut mengungkapkan aset perbankan mengalami kenaikan.

Namun terungkap aset sejumlah bank itu memang hanya dikuasai oleh segelintir bank saja. Dari 107 bank yang ada di Indonesia, terdapat 12 bank besar dengan total aset mencapai Rp7.726,74 triliun hingga akhir September 2022.

Jumlah keseluruhan aset itu mengalami kenaikan dari tahun lalu, yakni sebesar Rp 7.251,04 triliun atau melonjak 6,5 persen. (tim redaksi)


#bankterbesar
#bankdenganasettertinggi
#bankmandiri
#bankbca
#bri
#ojk
#asetperbankan

Tidak ada komentar