Breaking News

Kabupaten Bulungan Dapat Skor Inflasi Daerah Tertinggi, Mendagri Turun Tangan

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus memantau pertumbuhan inflasi di berbagai daerah. Menurut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, inflasi yang terlalu tinggi berdampak buruk bagi perekonomian daerah.

"Melihat kecenderungan tingkat inflasi dunia, Indonesia sudah menunjukkan aktivitas yang membaik dari tahun ke tahun. Dengan nilai dari Oktober 2021 ke Oktober 2022 mencapai 5,71%," ungkap Tito dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi di Daerah melalui zoom meeting, dikutip Selasa (8/11/2022).

Dalam paparannya, Tito juga menerangkan inflasi daerah terendah terletak di Provinsi Maluku Utara dengan rentang nilai 3%. Sedangkan Kabupaten Bulungan dengan tingkat inflasi daerah tertinggi hingga mencapai 9%.

"Kita sudah mendapatkan laporan dari bupati, bahwa meningkatnya Inflasi daerah Kabupaten Bulungan, Kaltara terjadi akibat kurangnya transportasi udara. Ke sana masih minim maskapai penerbangan. Sedangkan transportasi darat tidak efektif, karena proses pembenahan jalan nasional yang menghubungkan Tanjung Redeb, Kaltim dan Tanjung Selor, Kaltara yang masih rusak," imbuhnya.

Oleh karena itu, ia berjanji segera berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan agar jalan nasional antar dua provinsi tersebut bisa dilewati segera. Sehingga, alur distribusi barang bahan pokok bisa lancar dan nilai inflasi Kabupaten Bulungan bisa segera turun. (tim redaksi)

#mendagrititokarnavian
#kementeriandalamnegeri
#inflasididaerah
#kabupatenbulunganinflasitertinggi
#faktortransportasi

Tidak ada komentar