Breaking News

Jumlah Penduduk Bertambah, Kuota DPRD Kabupaten Tangerang di Pemilu 2024 Jadi 55 Kursi

Ilustrasi pemungutan suara. Foto: net

WELFARE.id-Kabar gembira bagi calon legislatif (caleg) yang akan mencalonkan diri jadi anggota DPRD Kabupaten Tangerang. Pasalnya, kuota anggota DPRD Kabupaten Tangerang bertambah pada Pemilu 2024 nanti.

Kursi DPRD Kabupaten Tangerang bertambah menjadi 55 kursi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang dari sebelumnya hanya 50 kursi pada Pileg 2019 lalu. 

Penegasan penambahan kursi DPRD itu diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Tangerang Ali Zaenal Abidin. Dia mengaku baru menerima Surat Keputusan KPU RI terkait penambahan jumlah kursi DPRD Kabupaten Tangerang tersebut. 

"Jadi berdasarkan SK KPU RI Nomor 457 Tahun 2022 tentang jumlah kursi DPRD pada 2024 yang baru kami terima November ini, ada penambahan jumlah kursi DPRD di wilayah Kabupaten Tangerang, menjadi 55 kursi dari sebelumnya 50 kursi di Pileg 2019," terangnya, Rabu (9/11/2022).

Adapun penambahan jumlah kursi DPRD itu, ujar Ali juga, didasari pada penambahan jumlah penduduk Kabupaten Tangerang, yang saat ini populasinya mencapai 3,2 juta. Karena itu,  otomatis jumlah kursi legislatif untuk keterwakilan bertambah. 

"Karena ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 di pasal 191 a. kabupaten/kota yang penduduknya di atas 3 juta memperoleh alokasi kursi 55. Karena jumlah penduduk Kabupaten Tangerang 3,2 juta atau lebih dari 3 juta maka alokasi kursinya itu untuk DPRD Pemilu 2024 bertambah 5 kursi dari pemilu 2019 hanya 50 kursi," paparnya juga.

Selanjutnya, setelah diterbitkannya SK tersebut, KPU Kabupaten Tangerang akan melakukan penataan daerah pemilihan (dapil) pada 29 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang. 

"Tentu penataan Dapil juga akan melihat jumlah dari penduduk setiap kecamatan, untuk kemudian menyusun daerah pemilihan,” katanya juga. 

Sehingga jumlah 55 calon legislatif  yang terdiri dari 29 kecamatan akan ketahuan berapa untuk masing-masing daerah pemilihan (dapil). ”Pastinya, berdasarkan jumlah penduduk di masing-masing kecamatan. Di pemilu 2019 ada 6 dapil, nanti akan dibagi jumlah penambahan caleg itu. Nanti diputuskan. Tapi nanti berdasarkan rapat KPU dan koordinasi dengan pihak terkait," tandasnya. (tim redaksi)

#pemilu2024
#pileg2024
#kabupatentangerang
#kpukabupatentangerang
#penambahancaleg
#enamdapil

Tidak ada komentar