Breaking News

Jokowi Ajak Negara di Dunia Bersinergi Atasi Pandemi Kesehatan

Presiden Jokowi didampingi sejumlah Menteri saat pertemuan internasional. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak negara-negara di dunia untuk berbagi data genome internasional sebagai bagian koordinasi penanggulangan darurat kesehatan. 

Jokowi juga mendorong negara G20 maupun non-G20 membangun ekosistem kesehatan yang tersinergi lintas untuk antisipasi pandemi kesehatan pada masa mendatang. Ini mengacu pengalaman pandemi COVID-19 sejak 2020 yang masih berlangsung hingga saat ini.  

"Selain kontribusi dana, saya mengajak semua pihak untuk mendukung beberapa inisiatif antara lain pembentukan platform koordinasi penanggulangan darurat kesehatan, berbagi data genome internasional untuk mendukung pemantauan patogen," ujar Jokowi saat meluncurkan Pandemic Fund secara virtual yang digelar di Nusa Dua, Bali, Minggu (13/11/2022).

Jokowi juga mendorong pengembangan jaringan digital secara global serta sertifikasi vaksin untuk memfasilitasi keamanan perjalanan internasional. Dia juga menilai pentingnya pembentukan pusat penelitian dan manufaktur yang lebih adil dan merata.

Sebab, dia menilai dunia saat ini tidak mempunyai arsitektur kesehatan yang andal untuk mengelola pandemi. Jokowi melanjutkan, ini dibuktikan dengan adanya pandemi COVID-19, negara di dunia tidak siap menghadapi pandemi.

”Oleh karena itu, kita harus memastikan ketahanan komunitas internasional dalam menghadapi pandemi yang akan terjadi di masa mendatang," ujar Jokowi lagi.

Jokowi juga mendorong penguatan arsitektur kesehatan global lebih andal dan antisipatif terhadap pandemi. Ini agar jika pandemi terjadi tidak lagi memakan banyak korban jiwa dan meruntuhkan sendi-sendi perekonomian global.

Untuk itu, Jokowi mengatakan, dalam jangka pendek dunia harus mempunyai kapasitas pembiayaan untuk mencegah dan menghadapi pandemi, serta kedua, membangun ekosistem kesehatan yang tersinergi lintas negara.

"Perihal pembiayaan dibutuhkan sebesar 31,1 miliar dolar AS setiap tahunnya untuk membiayai sistem pencegahan persiapan dan respon terhadap pandemi di masa yang akan datang," cetus Jokowi juga.

Jokowi juga mengatakan, jumlah ini merupakan hasil studi yang dilakukan Bank Dunia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) awal tahun ini. 

Karena itu, negara-negara G20 telah sepakat untuk membentuk dana pandemi bagi kepentingan pencegahan persiapan dan respon terhadap pandemi.

Dia mengatakan, saat ini telah ada donor dari negara-negara G20 maupun non-G20 serta lembaga-lembaga filantropi. Namun, dana yang terkumpul belum mencukupi.

"Saya mengharapkan dukungan yang lebih besar lagi untuk dana pandemi ini," tandas Jokowi lagi. (tim redaksi)

#pertemuaninternasional
#g-20
#pandemicfund
#bali
#atasipandemi
#pandemicovid19
#presidenjokowi

Tidak ada komentar