Breaking News

Jangan Abaikan! Nyeri Lutut Bisa Berakibat Fatal Bila Tak Obati

Ilustrasi pengobatan nyeri lutut. Foto: net

WELFARE.id-Seiring usia sejumlah bagian tubuh semakin tua dan mengalami sakit bila tidak dirawat dengan asupan gizi dan gerak olahraga. Salah satunya adalah lutut.

Ketua Departemen Kesehatan Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPP KKSS) Dr Zaenal Abidin, mengatakan jangan pernah meremehkan arti lutut. Lutut sangat penting bagi manusia dalam berativitas sehari-hari. 

Apalagi, hampir semua cabang olahraga membutuhkan dengkul (lutut) yang sehat.
"Bila lutut sakit, nyeri tentu sangat mengganggu aktivitas. Karena itu, mulai hari ini saya pesankan, jangan pandang enteng modal dengkul Anda," ujar Ketua Umum PB IDI periode 2012 sampai 2015 ini dalam keterangan persnya Rabu (9/11/2022).

Sementara itu, dr Andi Nusawarta MKes SpOT (K-Sports) mengatakan, pada usia muda nyeri lutut disebabkan oleh karena gaya hidup yang tidak sehat serta asupan nutrisi untuk tulang dan sendi yang kurang. 

Nyeri lutut terjadi karena kerusakan jaringan di dalam lutut. Secara umum nyeri lutut akibat radang sendi banyak dialami lansia yang mulai mengalami proses penuaan.

"Jangan mengesampingkan rasa nyeri yang terjadi pada lutut karena akibatnya akan berbahaya dan sangat mengganggu. Apalagi lutut mempunyai peran penting sebagai penyangga dan penahan berat tubuh," katanya.

Selain aktivitas sehari-hari yang akan terganggu, pengobatan atau penatalaksanaannya akan menjadi lebih sulit dan mahal bila dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sedangkan Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Indonesia (Perdosri), dr Rumaisah Hasan, SpKFR (K) menambahkan sendi lutut adalah salah satu sendi terbesar. Ia mengatakan lutut adalah sendi penting yang bertanggung jawab terhadap gerakan dan menanggung beban.

"Karenanya, sangatlah penting untuk memahami kondisi yang dapat mempengaruhi fungsinya, pilihan pengobatan yang tersedia, dan bagaimana cara terbaik untuk merawat lutut agar tercegah dari komplikasi dan cacat jangka panjang," ujarnya.

Bagaimana merawat dan menjaga sendi lutut kita agar dapat optimal melakukan fungsinya mensupport mobilitas kita secara baik atau disebut konservasi sendiri lutut. Termasuk menyesuaikan life style kita sesuai kondiri lutut, adalah hal penting untuk dipahami.

Berikut tips menjaga lutut tetap sehat:
1. Perhatikan berat badan agar mendekati ideal.
2. Perbaiki postur tubuh.
3. Modifikasi gaya hidup (istirahat cukup, tidak merokok, gizi seimbang).
4. Lakukan latihan penguatan dengan prioritas yang low impact exercise, terapi fisik (terapi panas-dingin, tens, dan laser). (tim redaksi)

#lifestyle
#gayahidup
#kesehatan
#kesehatanlutut
#olahraga
#asupannutrisi

Tidak ada komentar