Breaking News

Isran Noor Yakin Kaltim Tak Akan Alami Kerawanan Pangan, Asal Mau Lakukan Ini

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Dalam upaya pengendalian inflasi daerah, sekaligus Hari Pangan Sedunia 2022, seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Timur menggelar operasi pasar atau pasar murah serentak, termasuk di Kutai Kartanegara.

Kegiatan dipusatkan di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, kemarin. Operasi pasar dibuka langsung oleh Gubernur Kaltim Isran Noor didampingi Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah.

"Operasi pasar ini memberikan dampak positif untuk meningkatkan daya beli masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari," kata Isran Noor, dikutip Selasa (8/11/2022). Ia menjelaskan, kegiatan operasi pasar atau pasar murah yang digelar di seluruh kabupaten/ kota di Kaltim, bersumber dari dua persen alokasi dana transfer ke daerah.

Menurutnya, program pasar murah sangat tepat dilakukan untuk menekan angka inflasi, khususnya untuk sembilan bahan pokok (sembako). Meski demikian, lanjutnya, Indonesia dan Kaltim secara khusus tidak perlu khawatir jika menghadapi krisis. 

Sebab, memiliki aneka ragam komoditi pangan. "Semua sumber daya alam yang ada di Kalimantan Timur jika pandai mengelola dan memanfaatkan alam, maka tidak akan terjadi kekurangan atau krisis pangan," yakinnya.

Untuk itu, orang nomor satu di Benua Etam itu pun, mengapresiasi seluruh kepala daerah di Kaltim yang telah mampu menjaga stabilitas pangan. Terutama ketersediaan pasokan, stabilitas harga bahan kebutuhan pokok, dan mendukung kelancaran distribusi barang.

Dengan begitu, daya beli masyarakat tetap terjaga meskipun ada kenaikan harga beberapa komoditas pangan di Kaltim. "Terima kasih kepada bupati dan walikota yang sudah mampu menjaga stabilitas ekonomi hingga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing," ucapnya. (tim redaksi)

#gubernurkaltim
#isrannoor
#pangankaltim
#komoditaspangan
#stabilitashargakomoditas
#benuaetam
#pasarmurah

Tidak ada komentar