Breaking News

Ini yang Terjadi Jika Tubuh Anda Kurang Tidur

Ilustrasi tidur nyenyak sangat penting bagi tubuh. Foto: net

WELFARE.id -Tubuh manusia dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur setiap malam untuk istirahat. Namun, ada kalanya seseorang tetap mengalami kekurangan tidur meski sudah terlelap selama delapan jam di malam hari.

"Anda bisa tidur delapan jam tapi tetap masih kekurangan tidur," jelas spesialis tidur Michael Breus seperti dilansir Women's Health. Hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya setiap orang membutuhkan durasi tidur yang berbeda-beda. 

Meski secara umum durasi tidur yang dibutuhkan manusia dewasa adalah 7-9 jam, tapi sebagian orang mungkin membutuhkan durasi yang lebih singkat atau lebih lama untuk tidur.

"Seseorang mungkin bisa kekurangan tidur setelah tidur tujuh jam, tetapi orang lain tidak (kekurangan tidur). Itu bisa saja terjadi," ujar spesialis tidur Rizan Hajal.

Ada beberapa faktor lain yang membuat seseorang kekurangan tidur meski sudah tertidur selama 7-9 jam di malam hari adalah buruknya kualitas tidur. Kualitas tidur yang buruk bisa terjadi bila seseorang tidak memasuki fase restorative REM saat tidur. 

"Misalnya karena gangguan tidur seperti apnea tidur," lanjut Breus. Efek dari kurang tidur bisa sangat beragam. Sebagian dari efek ini mungkin terlihat samar, seperti penurunan produktivitas, sulit mengingat, dan lebih mudah bersikap kasar pada orang lain.

Jika kurang tidur berlangsung secara kronis atau dalam jangka waktu yang lama, efek yang ditimbulkan bisa lebih berat. Sebagian di antaranya adalah penurunan dorongan seksual, peningkatan risiko kecemasan, serta depresi. Dari segi fisik, kurang tidur juga berkaitan dengan beberapa masalah kesehatan. Beberapa masalah tersebut adalah stroke, diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Mengingat orang yang tidur 7-9 jam juga bisa mengalami kekurangan tidur, sebagian orang mungkin tidak sadar bila mereka sedang mengalami masalah ini. Untuk bisa menyadari adanya masalah kurang tidur, ada tiga tanda yang dapat dikenali. 

Berikut ini adalah ketiga tanda tersebut menurut Breus dan Hajal: 

1. Tidur Susulan
Dorongan untuk melakukan tidur "balasan" di akhir pekan bisa jadi merupakan pertanda bahwa seseorang sebenarnya mengalami masalah kurang tidur. Kebiasaan tidur yang sehat seharusnya memungkinkan seseorang untuk bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari. "Apabila Anda tak bisa melakukannya, Anda kurang tidur," ungkap Hajal.

2. Tertidur dengan Cepat
Banyak orang berpikir bahwa bisa tertidur dengan cepat setelah berbaring di kasur merupakan hal yang baik. Padahal, terlalu cepat tertidur bisa menjadi pertanda bahwa tak mendapatkan cukup tidur.

3. Lelah Saat Siang
Perasaan lelah atau mengantuk yang muncul di siang hari bisa jadi merupakan pertanda bahwa tubuh membutuhkan tidur. Orang yang kurang tidur kerap tertidur saat berada di situasi sunyi atau monoton, seperti saat menghadiri sesi perkuliahan dan rapat atau pertemuan menurut American Academy of Sleep Medicine. (tim redaksi)

#gayahidup
#lifestyle
#kurangtidur
#kesehatantubuh
#waktuidealtidur
#metabolismetubuh

Tidak ada komentar