Breaking News

Ini Tujuh Makanan yang Tingkatkan Mood Bahagia Bila Dikonsumsi

Mengkonsumsi cokelat hitam dapat menimbulkan mood bahagia. Foto: iStock

WELFARE.id-Kehidupan modern yang serba cepat dan rutinitas yang padat, membuat banyak orang saat akhir pekan atau liburan menghabiskan banyak waktu dan uang hanya untuk mengejar kebahagiaan. 

Misalnya dengan traveling ke tempat-tempat yang jauh, bermeditasi atau mengikuti yoga. Tapi, tahukah Anda bahwa makanan yang Anda makan memainkan peran utama dalam perasaan bahagia tersebut.

Dilansir dari Cnet pada Senin (24/10/2022), studi menghubungkan nutrisi dan kesejahteraan mental telah muncul dalam beberapa dekade terakhir ini. Makanan tertentu dikaitkan dengan peningkatan serotonin di otak. Serotonin, juga dikenal sebagai hormon bahagia

Berikut tujuh makanan yang dapat meningkatkan kebahagiaan Anda:

1. Cokelat Hitam
Sebuah penelitian menemukan bahwa cokelat hitam dapat secara positif memengaruhi suasana hati seseorang. Ada tiga komponen utama yang ditemukan dalam cokelat yang berhubungan dengan perasaan bahagia: triptofan, theobromine dan phenylethylalanine. 

Triptofan adalah asam amino yang digunakan otak untuk memproduksi serotonin. Theobromine adalah stimulan lemah yang dapat meningkatkanmood Anda.

2. Pisang
Pisang dapat memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati Anda dengan cara yang lebih baik meski tidak langsung. Tubuh Anda membutuhkan vitamin B6 untuk membuat serotonin dan pisang sangat kaya akan nutrisi ini.

3. Kelapa
Jika Anda mengalami musim dingin dan memimpikan hari-hari yang lebih hangat, kelapa dapat membawa hati Anda ke keadaan pikiran tropis. Penelitian pada hewan tahun 2017 menemukan bahwa MCT dari santan dapat mengurangi kecemasan.
 
4. Kopi
Sebuah meta-analisis 2016 menyimpulkan bahwa konsumsi kopi secara signifikan terkait dengan penurunan risiko depresi. Studi kecil lainnya menyimpulkan bahwa kopi baik berkafein dan tanpa kafein secara signifikan meningkatkan suasana hati.

5. Alpukat
Alpukat membuat Anda lebih bahagia. Buah halus dan lembut ini dikemas dengan nutrisi termasuk kolin, yang digunakan tubuh Anda untuk mengatur sistem saraf dan suasana hati Anda. Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa lemak sehat dalam alpukat dikaitkan dengan penurunan kecemasan pada wanita.

6. Berry
Sebuah meta-analisis 2016 menemukan bahwa asupan buah dan sayuran sangat terkait dengan peningkatan kesehatan mental. Buah beri, khususnya, kaya akan antioksidan, juga dikenal sebagai flavonoid, yang dapat mengurangi gejala depresi. 

Studi lain di mana subjek diberi jus blueberry menunjukkan hasil yang menjanjikan yang menghubungkan asupan blueberry dengan penurunan kognitif yang lebih lambat yang terkait dengan penuaan.

7. Makanan Fermentasi
Makanan yang melalui proses fermentasi seperti asinan kubis, kimchi, kefir, kombucha dan yogurt membantu Anda menjaga kesehatan usus. Manfaat lainnya adalah makanan ini dapat membantu meningkatkan mood Anda. 

Proses fermentasi menciptakan probiotik, yang pada gilirannya mendukung bakteri sehat berkembang di usus Anda. Sekarang, apa hubungannya usus Anda dengan suasana hati Anda? Hingga 90 persen serotonin yang diproduksi oleh tubuh Anda dibuat dari sel-sel usus. (tim redaksi)

#moodbahagia
#kebahagiaan
#makananpendorongbahagia
#kesibukankerja
#rutinitasyangpadat
#aktivitassibuk

Tidak ada komentar