Breaking News

Ini Enam Asupan Makanan untuk Membangun Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi makanan bergizi untuk kekebalan tubuh. Foto: net

WELFARE.id-Seiring pandemi COVID-19, hampir semua orang fokus dalam membangun sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan virus tersebut. Sayangnya, para ahli memperingatkan bahwa COVID-19 bukan satu-satunya penyakit yang perlu diwaspadai. 

The New York Times baru-baru ini merilis sebuah artikel tentang kondisi "tidemik", yang merupakan istilah baru dari peningkatan kasus flu musiman tersebut. Peningkatan kasusnya dinilai masih terus berlanjut. 

1. Penuhi Antioksidan
Salah satu cara terbaik membentuk kekebalan lebih baik adalah banyak mengonsumsi antioksidan setiap hari. Antioksidan seperti flavonoid, anthocyanin, dan karotenoid membantu melawan radikal bebas (alias orang jahat) yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada sel-sel dan membahayakan sistem kekebalan.

Flavonoid ditemukan dalam buah beri, kangkung, kubis, cokelat hitam, teh, dan kedelai. Antosianin (sejenis flavonoid) adalah pigmen yang diproduksi secara alami memberi bunga warna merah, ungu, dan biru. Jadi, pertimbangkan buah beri, anggur, delima, dan bahkan anggur merah. “Karotenoid ditemukan dalam produk oranye, kuning, dan merah seperti labu musim panas, labu, mangga, dan aprikot," kata Goodson.
 
2. Makanan Kaya Vitamin C
Vitamin C adalah antioksidan spesifik yang dikenal untuk membantu menjaga sistem kekebalan dan melawan penyakit. Selain jeruk, ini bisa didapat dari tomat dan jus tomat, paprika merah, stroberi, dan sayuran hijau seperti bayam dan kacang hijau.
 
3. Tinggi Seng
"Daging sapi dianggap sebagai sumber seng yang sangat baik, menyediakan hampir setengah dari apa yang dibutuhkan dalam sehari," kata Goodson. 
Jadi, memilih daging merah tanpa lemak saat makan dapat membantu memenuhi nutrisi penting ini. Jika Anda tidak menyukai daging merah, juga bisa mendapatkan seng melalui kacang-kacangan, biji-bijian, makanan olahan susu, dan bahkan cokelat hitam.
 
4. Minum Lebih Banyak Smoothie
"Smoothie yang dikemas dengan antioksidan dan bahan peningkat kekebalan adalah cara terbaik untuk mempersiapkan tubuh melawan tridemia yang akan datang, dan itu adalah cara yang bagus untuk mendapatkan nutrisi ini bagi anak-anak Anda untuk melindungi dari RSV, juga," kata Trista Best MPH RD LD di Balance One Suplemen. 

Beberapa bahan yang perlu dipertimbangkan termasuk blueberry, bayam, pepaya, biji rami, kangkung, mangga, dan jahe. Pertimbangkan bahan dasar jus jeruk alami yang kaya vitamin C atau kefir untuk probiotik.
 
5. Camilan Kacang dan Biji-bijian
Camilan penambah kekebalan tubuh adalah cara terbaik untuk mengintegrasikan nutrisi ke dalam tubuh dan melindungi dari penyakit. Jadi, ganti keripik atau popcorn biasa dengan kacang-kacangan serta biji-bijian.

Kacang seperti almond dan walnut, atau biji-bijian seperti bunga matahari dan labu, mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu mengatur dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini termasuk B6, fosfor, selenium, dan magnesium, bersama dengan lemak sehat yang membantu menurunkan peradangan yang dapat mengganggu fungsi kekebalan tubuh.
 
6. Makanan Fermentasi
Hal yang tidak kalah penting, mengonsumsi makanan fermentasi dalam dosis yang sehat untuk menyediakan probiotik, bakteri menguntungkan. Best mengatakan probiotik dapat membantu kekebalan dengan mengeluarkan zat yang memicu sistem kekebalan untuk bereaksi lebih kuat, sehingga mencegah patogen untuk berakar dan menyebabkan penyakit.

Jika mencari makanan kaya probiotik yang lezat, Best menyarankan yogurt dengan live active cultures, keju seperti gouda, mozzarella, dan cheddar, kefir, asinan kubis, acar, cuka sari apel, miso, dan kimchi. (tim redaksi)

#makanansehat
#kekebalantubuh
#jauhipenyakit
#covid-19
#kesehatan
#makananbergizi

Tidak ada komentar