Breaking News

Ini Beda Kesemutan Neuropati dengan Kesemutan Stroke

Ilustrasi (net) 

WELFARE.id-Salah satu gejala penyakit neuropati dan stroke adalah kesemutan atau kebas pada satu bagian tubuh. Sama-sama menyebabkan kesemutan dan mati rasa, tidak banyak yang tahu perbedaan antara neuropati atau nyeri kerusakan saraf dengan serangan stroke. Lantas, bagaimana mengetahui perbedaannya? 

Menurut Dokter Ahli Saraf, Dr. dr. Rizaldy Taslim Pinzon, M.Kes, Sp.S, perbedaan neuropati dan serangan stroke bisa dilihat dari lokasi terjadinya kesemutan dan mati rasa, hanya di satu sisi atau di kedua sisi. "Kalau neuropati biasanya dia yang paling sering biasanya dia kedua sisi, kalau stroke itu kan kenanya satu sisi pada umumnya, jadi kiri aja atau kanan aja. Kalau neuropati kenanya baik kanan atau kiri," ujar Dr. Rizaldy di Jakarta, dikutip Jumat (11/11/2022). 

Dr. Rizaldy menambahkan kejadian nyeri kesemutan, seperti tertusuk jarum, kebas dan hingga mati rasa yang terjadi neuropati umumnya terjadi di setiap bagian ujung kaki dan tangan. 

Meski begitu, ia meminta masyarakat tidak berkecil hati karena neuropati tetap bisa disembuhkan, selama bisa dideteksi atau ditemukan dengan gejala sedini dan seminimal mungkin. 

"Bila ditemukan secara dini, harapannya kesembuhannya lebih tinggi, daripada dia sudah ada kasus yang advance (lebih lanjut), jadi bisa disembuhkan tergantung penyebab, tergantung kapan ditemukannya," ungkapnya. 

Namun jika menganggap enteng neuropati dan tidak diobati kerusakan saraf tangan dan kaki akan terjadi terus menerus, bahkan saraf bisa rusak permanen. Kondisi ini serupa seperti stroke, namun stroke menyebabkan sel otak mati permanen dan memicu kecacatan jika tidak segera mendapat penanganan medis. 

"Kerusakan saraf akan jalan terus (karena neuropati), seringkali tadi, pada satu titik, kerusakan sudah sangat parah, apapun yng kita kerjakan tidak bisa memperbaiki fungsi sarafnya, dan pasti nyerinya bertambah dan kualitas hidupnya menurun," pungkasnya. (tim redaksi) 

#kesemutan
#neuropati
#stroke
#bedakesemutanpadaneuropatidanstroke
#kesehatan
#saraf
#kerusakansaraftepi

Tidak ada komentar