Breaking News

Hujan Sembilan Jam, Longsor terjadi di JLS Trenggalek, Akses ke Pacitan Putus

Bencana tanah longsor yang dipicu hujan terjadi di Trenggalek menyebabkan akses JLS dekat perbatasan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, terputus. Foto: Antara

WELFARE.id-Hujan deras kembali membawa bencana tanah longsor terjadi lagi di Kabupaten Trenggalek, Jawa Tengah. Hujan deras dengan intensitas tinggi di kawasan pesisir selatan Trenggalek sejak Sabtu (5/11/2022) malam menyebabkan akses jalur lintas selatan (JLS) dekat perbatasan daerah itu dengan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, terputus. 

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek Tri Puspita Sari mengatakan, hingga Minggu (6/11/2022) siang, material longsoran masih menutup badan jalan di titik ruas Dukuh Sampang Desa Ngrencak Kecamatan Panggul.

Akibatnya, arus lalu lintas di jalur JLS dari arah Trenggalek menuju Pacitan macet total, demikian pula sebaliknya. Banyak kendaraan putar balik atau memilih parkir menunggu akses JLS dibuka lagi.

Alat berat telah dikerahkan untuk menyingkirkan material longsor demi menormalisasi kembali jalan nasional tersebut. 

”Hampir sembilan jam hujan yang mengguyur mengakibatkan tanah longsor dan pohon tumbang di ruas Jalan 18 Persen yakni jalan penghubung Trenggalek-Pacitan," ujar Tri Puspita Sari juga.

Adapun longsor terjadi sekitar pukul 5.30 WIB, atau 30 menit sejak hujan yang mengguyur mulai Sabtu pukul 20.30 WIB. Hingga Minggu sore (6/11/2022), pembersihan material longsor masih berlangsung.

Tapi pengendara yang ingin ke daerah Pacitan bisa melewati jalur alternatif via Desa Cakul Kecamatan Dongko maupun dari wilayah Kecamatan Pule.

”Sekitar pukul 10.00 WIB jalan sudah bisa dilalui secara normal. Pengendara diimbau untuk berhati-hati saat melintas," paparnya juga. 

Selain di wilayah Kecamatan Panggul, longsor juga terjadi di jalan desa di titik ruas Dusun Jojokan Desa Sawahan Kecamatan Watulimo. Longsor itu dipicu akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu pada pukul 20.30 WIB hingga pukul 03.00 WIB.

Pascalongsor petugas gabungan bersama masyarakat langsung menuju ke lokasi bencana untuk proses evakuasi material batu bercampur material tanah yang menutup badan jalan. (tim redaksi)

#bencanaalam
#hujanderas
#longsor
#jalanlingkarselatan
#trenggalek-pacitan
#tertutupmaterialtanah

Tidak ada komentar