Breaking News

Gempa Magnitudo 5,5, Rumah Warga di NTT Rata dengan Tanah

Tangkapan layar BMKG 

WELFARE.id-Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), diguncang gempa dengan magnitudo 5,5. Hal ini mengakibatkan rumah warga rata dengan tanah. Gempa itu yang terjadi pada Minggu (20/11) pukul 21.49 Wita itu membuat tiga rumah terdampak, dan dua di antaranya rata dengan tanah. 

"Informasi awal ada dua keluarga di Desa Retraen. Sementara informasi kedua, ada 1 keluarga di Desa Sahraen. Kedua rumah di Desa Retraen rata tanah," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kupang Frans Wewo, Senin (21/11/2022). 

Tiga rumah yang terdampak gempa itu berada di dua desa yang berada di Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang. Frans menyebut gempa membuat tembok rumah warga retak hingga roboh. 

Frans Wewo menjelaskan, tim dari BPBD turun ke lokasi untuk memberi bantuan kepada warga. Bantuan yang dimaksud berupa beras, terpal, makanan siap saji, dan lainnya. "Keluarga yang terdampak sudah dievakuasi oleh Camat Amarasi Selatan dan dua kepala desa ke rumah keluarga dan tetangga," tukasnya. 

Sebelumnya, gempa menggoyang wilayah Kupang dan sekitarnya di Nusa Tenggara Timur pada Minggu malam. Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang Margiono mengatakan, gempa terjadi pada pukul 21.49 Wita. 

Lokasi gempa bumi terletak pada 10,57 derajat lintang selatan dan 123,86 derajat bujur timur. Pusat gempa bumi berada pada 51 kilometer arah tenggara, Kota Kupang, dengan kedalaman 49 kilometer. 

Terpisah, Hasil analisis BMKG menunjukkan pusat gempa berlokasi di laut, pada jarak 51 kilometer arah tenggara Kota Kupang, pada kedalaman 20 kilometer. 

Daryono menerangkan, gempa tergolong dangkal dan dipicu aktivitas tumbukan lempeng Australia dan Busur Banda. Tak ada tsunami. Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Rote pada skala II - III MMI. Pada skala itu getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan akan truk melintas.   

Wilayah Pantai Selatan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, diguncang gempa tektonik,” kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulisnya. (tim redaksi

#gempa
#genpantt
#earthquake
#rumahruntuhakibatgempa
#ntt
#bpbd
#bmkg

Tidak ada komentar