Breaking News

Empat Ilmuan Indonesia Raih Penghargaan Habibie Prize 2022

Para ilmuan yang menerima penghargaan (ist) 

WELFARE.id-Empat  ilmuwan Indonesia mendapat penghargaan dari Habibie Prize 2022. Mereka disebut sebagai sosok berjasa yang dinilai memiliki pengaruh dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Indonesia. 

Empat ilmuwan tersebut adalah : 

1. Prof Dr Ocky Karna Radjasa, MSc - Bidang Ilmu Dasar 

2. Drg Ika Dewi Ana, MKes, PhD - Bidang Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi 

3. Prof Dr Ir Riri Fitri Sari, MM, MSc - Bidang Ilmu Rekayasa 

4. Naufan Noordyanto, SSn, MSn - Bidang Ilmu Kebudayaan. 

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan, Habibie Prize bukan hanya sekadar penghargaan, melainkan memiliki misi penting dalam inovasi dan perkembangan IPTEK di Tanah Air. "Penganugerahan Habibie Prize merupakan salah satu upaya untuk melanjutkan harapan dan cita-cita Habibie membangun SDM Indonesia unggul dan berdaya saing, yang sejalan dengan visi kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam hal pengembangan SDM," sebutnya seperti dikutip dari tayangan live streaming penganugerahan "Habibie Prize 2022", Jumat (11/11/2022). 

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan SDM-IPTEK Prof Dr Ing Wardiman Djojonegoro sekilas menginformasikan bahwa Habibie Prize dulunya bernama Habibie Award. Meski demikian, tujuan dan semangat penganugerahan ini tetap terjaga. "Habibie Award sejak tahun 2020 sudah diubah namanya menjadi Habibie Prize, dan telah dimulai pemberian penghargaan pertama kali dengan nama Habibie Prize sejak periode 2021. Pemberian Penghargaan Habibie Prize periode 2022 dilaksanakan oleh BRIN," ujarnya. 

"Kami keluarga besar almarhum bapak BJ Habibie, Yayasan The Habibie Center, dan Yayasan SDM IPTEK sangat menghargai dan merasa senang atas pengambilalihan pemberian penghargaan tersebut dengan skala yang lebih bersifat nasional untuk penghargaan kepada Presiden ke 3 RI, yang sekaligus merupakan Bapak Teknologi Nasional," lanjutnya. 

Ia menambahkan, ke depannya BRIN akan tetap melanjutkan pemberian Habibie Prize dengan nilai dan kriteria yang sama, serta ditentukan secara independen seperti yang telah dilaksanakan lebih dari 24 tahun. 

Baik Laksana maupun Wardiman berharap Habibie Prize menjadi motivasi dan inspirasi bagi para peneliti, ilmuwan, dan masyarakat untuk terus berkarya dan berkontribusi di berbagai bidang, khususnya bidang IPTEK, guna mendorong kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. 

Para penerima Habibie Prize diharapkan tetap terus produktif dan meningkatkan kontribusinya di bidang masing-masing serta melakukan yang terbaik untuk bangsa ini. 

Penghargaan Habibie Prize merupakan apresiasi yang dipersembahkan BRIN dan Yayasan Sumberdaya Manusia Dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Yayasan SDM IPTEK) sebagai wujud apresiasi kepada tokoh-tokoh yang telah berjasa dalam kehidupan intelektual dan karya luar biasanya yang telah disumbangkan bagi Indonesia. 

Nama 'Habibie' digunakan untuk mengenang jasa Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie dan sekaligus Pencetus Anugerah Habibie Award (yang kini menjadi Habibie Prize), Presiden Republik Indonesia ke-3, Menteri Riset dan Teknologi sejak tahun 1978-1998, dan dikenal luas sebagai intelektual internasional dalam bidang teknologi, atas pemikiran, komitmen dan dedikasi besar beliau dalam upaya memajukan kehidupan IPTEK di Indonesia. 

Habibie Prize adalah penghargaan perseorangan yang aktif dan sangat berjasa dalam penemuan, pengembangan, dan penyebarluasan berbagai kegiatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang baru (innovative) serta bermanfaat secara berarti (significant) bagi peningkatan kesejahteraan, keadilan, dan perdamaian. 

Para pemenang Habibie Prize dianugerahi medali, piagam, dab uang Tunai senilai USD25 ribu. 

Adapun penghargaan yang diberikan meliputi lima bidang IPTEK dan inovasi, yaitu Ilmu Pengetahuan Dasar, Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi, Ilmu Rekayasa, Ilmu Ekonomi, Sosial, Politik, dan Hukum dan Ilmu Filsafat, Agama, dan Kebudayaan. (tim redaksi) 

#habibiprize
#ilmuan
#ilmuanterimahabibiprize
#penghargaan
#brin

Tidak ada komentar