Breaking News

Ekspedisi di Hutan Halmahera, Tujuh Warga Asing dan Dua Warga Lokal Hilang

Ilustrasi tim SAR melakukan pencarian orang hilang di Hutan Halmahera. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Lakukan ekspedisi di Hutan Halmahera, Kabupaten Halmahera, Maluku Utara (Malut), sebanyak sembilan orang yang terdiri dari tujuh warga negara asing (WNA) dan dua warga Indonesia yang dilaporkan hilang, Rabu (16/11/2022). 

Mendapatkan laporan tersebut, Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menerjunkan personel untuk melakukan pencarian 9 orang tersebut.

”Dari sembilan orang yang dinyatakan hilang dan dalam pencarian itu, tujuh orang korban di antaranya merupakan warga negara asing (WNA) dan dua orang merupakan warga lokal," terang Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman, Kamis (17/11/2022).

Adapun sembilan orang korban hilang di hutan Halmahera itu, katanya juga, berdasarkan laporan dari agen perjalanan wisata lokal yang menjelaskan kalau sembilan orang hilang itu melakukan ekspedisi di hutan Kabupaten Halmahera Barat.

Dijelaskan kronologis singkatnya bahwa tujuh WNA dan dua orang lokal hilang saat melaksanakan ekspedisi di hutan Halmahera. Selanjutnya agen perjalanan wisata lokal menghubungi Basarnas untuk meminta bantuan evakuasi.

Lalu, sekitar pukul 17.30 WIT, tim rescue Pos SAR Tobelo dikerahkan menuju lokasi kejadian peristiwa dengan menggunakan mobil penyelamatan untuk melaksanakan operasi pencarian terhadap sembilan orang korban tersebut.

Sementara itu belum lama ini, Basarnas Ternate berhasil menemukan pasangan suami istri (pasutri) yang juga hilang di Hutan Tabona Kota Ternate bernama Aris Adipati, 72, dan Nonco Kalangi, 66, dengan selamat.

Pasutri itu ditemukan saat tim melakukan pencarian di area sekitar lokasi penemuan barang milik korban dan di sepanjang kali Tongole usai dilaporkan hilang oleh agen perjalanan. (tim redaksi)


#hutanhalmahera
#provinsimalukuutara
#ekspedisihutan
#wargaasing
#basarnasmalut
#timgabungan
#searchandrescue

Tidak ada komentar