Breaking News

Dinobatkan Jadi "Must Visit Location", Raja Ampat Punya 4 Gugusan Pulau yang Wajib Kamu Kunjungi

Keindahan pariwisata Raja Ampat. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Raja Ampat di Papua Barat dinobatkan sebagai “Must Visit Location” atau “Lokasi yang Harus Dikunjungi” pada 2023 oleh media global pariwisata Lonely Planet. Media yang berpusat di London, Inggris itu menilai Raja Ampat sebagai “unwind destination” atau destinasi untuk rileks, mencari ketenangan, dan kedamaian. 

Dalam pernyataan tertulis kepada wartawan, dikutip Sabtu (19/11/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan penghargaan ini diharapkan membawa harapan akan kebangkitan destinasi pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelas dunia," ucap Sandi.

Ia menambahkan, penghargaan ini juga membuktikan perubahan trend global pariwisata ke depan dari 3S lama, sand, sun and sea (pasir, matahari dan laut.red), menjadi 3S baru, sprituality, serenity, and sustainability (spiritualitas, ketenangan dan berkelanjutan.red). Raja Ampat adalah salah satu contoh destinasi yang lengkap. 

"Sebagai desa wisata yang berhasil dikembangkan di wilayah ini merupakan proyek percontohan desa wisata yang sukses menjadi destinasi pariwisata berkualitas dan berkelanjutan,” imbuhnya lagi.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini, menambahkan, Raja Ampat terpilih karena coral reefs dan diving spot di wilayah ini tidak ada tandingannya di dunia. 

"Kami berharap penghargaan ini membantu meningkatkan awareness masyarakat internasional akan Raja Ampat dan Indonesia. Sekaligus memacu seluruh aktor pariwisata Indonesia untuk meningkatkan manajemen pengelolaan destinasi 3S baru dengan lebih giat lagi,” katanya.

Lima destinasi lain yang mendapat penghargaan dalam kategori yang sama dari Lonely Planet adalah Halkidiki Yunani, Jamaika, Dominika, Malta, dan Yordania. Lonely Planet adalah media global pariwisata yang menyediakan informasi bagi para wisatawan di seluruh dunia.

Penghargaan ini menambah sejumlah penghargaan yang telah diterima Indonesia sepanjang tahun 2022 ini. Sebelumnya Bali menduduki ranking pertama 10 destinasi liburan yang paling membahagiakan dari Club Med, Travel dan Tourism Operator yang berkantor di Prancis.

Empat pulau di Raja Ampat

Raja Ampat merupakan pulau yang berada di Papua. Keindahan alam atas dan bawah laut tempat ini telah diakui di seluruh dunia.

Raja Ampat sendiri merupakan satu pulau besar, yang di sekitarnya terdapat pulau-pulau kecil yang tak kalah cantik. Berikut empat di antaranya yang bisa kamu kunjungi saat ke Raja Ampat.

1. Pulau Misool

Pulau ini berbatasan langsung dengan Laut Seram sehingga memiliki laut lepas yang luas. Lokasi strategis ini membuat Pulau Misool menjadi jalur lintasan hewan-hewan besar seperti ikan paus dan gurita.

Air laut di pulau ini berwarna hijau toska dengan hamparan pasir putih di sekitarnya. Lingkungannya pun dipenuhi pepohonan hutan tropis dan bakau yang hijau.

Di pulau ini pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan, mulai dari snorkeling, menyelam, berenang, atau sekedar bersantai menikmati pemandangan indah.

2. Pulau Waigeo

Pulau yang juga dikenal dengan nama Amberi itu terletak di antara Pulau Halmahera dan Pulau Papua. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang paling mudah untuk dijangkau dengan transportasi umum dibandingkan pulau di sekitar Raja Ampat lainnya.

Selain lokasi diving yang cantik, di sini pengunjung juga dapat menemukan teluk indah berdinding tebing yang menjulang. Pulau Waigeo juga memiliki hutan rimba yang luas, tetapi sebagian besar masih belum dapat diakses.

3. Pulau Batanta

Di pulau ini pengunjung dapat menemukan air terjun Batanta yang berada di pedalaman hutan bakau. Di belakang air terjun juga terdapat goa kecil yang hanya dapat dimasuki lima orang.

Di Pulau Batanta terdapat desa wisata Marandanweser dan Waiweser, di mana pengunjung dapat menginap dan merasakan kehidupan asli masyarakat lokal.

4. Pulau Salawati

Pulau Salawati belum terlalu ramai dan alamnya masih murni. Pulau ini merupakan saksi bisu terjadinya Perang Dunia II, terbukti dari peninggalan-peninggalan bunker Belanda dan Jepang yang ditemukan di pulau ini.

Tak hanya itu, di pulau ini pengunjung bisa menemukan ikan pelangi salawati yang hanya ada di pulau ini. (tim redaksi)

#destinasiwisata
#rajaampat
#empatpulaubesar
#snorkeling
#rajaampatdapatpenghargaan
#mediagloballonelyplanet
#penghargaanmustvisitlocation

Tidak ada komentar