Breaking News

Diikuti 5.841 Atlet, Porprov VI Banten Resmi Dibuka di Stadion Benteng Reborn

Tarian kolosal bertajuk Wangkawa Bumi Surosoan dengan 300 penari saat pembukaan Porprov VI Banten di Stadion Benteng Reborn, Minggu (20/11/2022). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 
Banten 2022 resmi dibuka di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang, Minggu (20/11/2022). Porprov Banten VI itu akan digelar 20-29 November 2022.

Dalam kegiatan pembukaan Porprov Banten itu dihadiri Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tangerang, Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar.

Pembukaan Porprov VI Banten 2022 dibuka dengan meriah lewat penampilan Band NTRL, yang mengiringi parade defile atau kontingen dari delapan kabupaten/kota se-Banten.

Dilanjut dengan penampilan tari kolosal bertajuk Wangkawa Bumi Surosoan dengan 300 penari, yang berkolaborasi dengan Rampak Bedug dan Marching Band. Ini menjadi salah satu penampilan yang membawa decak kagum para penonton.

Dalam pembukaan Porprov VI Banten juga dihiasi dengan arakan Api Porprov VI Banten oleh delapan atlet berprestasi asal Kota Tangerang, untuk dinyalakan menjadi Kaldron Api setinggi 10 meter. 

Salah satunya, Rajiah Salsabila, atlet panjat tebing dengan prestasi emas di ASEAN Games 2018 dan emas perunggu pada ASEAN Championship 2019.

"Kita membuka Porprov VI Banten dengan suka cita, dengan meriah. Ini menjadi langkah kita mempersiapkan agenda besar PON pada 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Kita berharap dengan, ajang ini para atlet dengan kipraknya, tak hanya di Provinsi Banten tapi bisa lanjut di tingkat nasional dan internasional," papar Al Muktabar.

Ia pun menuturkan, pagelaran pembukaan Porprov VI Banten yang digelar Kota Tangerang berlangsung dengan luar biasa. 

"Saya mengapresiasi setinggi-tingginya untuk Kota Tangerang. Lewat pembukaan yang megah ini, dapat menyuguhkan atau membalut segenap kebersamaan delapan kota kabupaten Provinsi Banten," cetus Al Muktabar juga.

Ia pun berharap, semarak pembukaan Porprov VI Banten dapat terus berlanjut hingga akhir pagelaran. ”Tak sekadar kemegahan pembukaan, ini harus dilanjut dengan semangat prestasi, daya juang dan kegigihan dengan api Porprov VI Banten yang tak kunjung padam," tegasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Provinsi Banten Edi Ariadi menyatakan dengan seremonial ini Porprov VI Banten resmi dibuka. Ajang ini diikuti 5.841 atlet dan 1.416 official serta 2.232 wasit dan juri.

"Diharapkan, atlet siapa pun yang akan juara diajang kali ini adalah atlet terbaik. Selanjutnya akan bertanding di PON XXI 2024. Ayo semangat kita dongkrak peringkat Indonesia lewat atlet terbaik Provinsi Banten," seru Edi

Sebagai tuan rumah, Kota Tangerang menurunkan 1.407 kontingen yang akan berlaga pada gelaran Porprov Banten 2022, yang terdiri dari 1.072 atlet dan 335 official.

Ratusan pertandingan dari 47 cabang olahraga akan diikuti oleh seluruh kontingen dari delapan kabupaten/kota se-Provinsi Banten. Mereka akan bertarung memperebutkan 788 medali emas, 788 medali perak dan 1.046 medali perunggu.

Sebanyak 59 venue disiapkan Kota Tangerang sebagai lokasi bertandingnya para atlet dari delapan kota/kabupaten se-Provinsi Banten tersebut. (tim redaksi)

#pembukaan
#porprovVIbanten
#kotatangerang
#stadionbentengreborn
#kotatangerang
#penjabatgubernurbanten
#konibanten

Tidak ada komentar