Breaking News

Diduga Akibat Cuaca Buruk Pesawat Tanzania Jatuh ke Danau, 19 Penumpang Dikabarkan Tewas

Maskapai penerbangan Tanzania, Precision Air, jatuh ke Danau Victoria. Foto: Istimewa/ AP Photo

WELFARE.id-Sebuah pesawat penumpang Tanzania, jatuh ke Danau Victoria saat berusaha mendarat di kota tepi danau Bukoba. Akibat insiden tersebut, 19 orang penumpang maskapai Precision Air tewas.

Menurut operator Precision Air, ada 43 penumpang dalam penerbangan tersebut dan hanya 24 orang penumpang yang selamat. Pesawat diketahui terbang dari Das es Salaam ke Bukoba melalui Mwanza.

Melansir AFP, Senin (7/11/2022), pesawat itu jatuh di dekat pantai di ujung landasan pacu bandara Bukoba. Tragedi itu terjadi sekitar pukul 08.50 waktu setempat (05.50 GMT), diduga akibat cuaca buruk.

Segera setelah kecelakaan, pesawat itu hampir sepenuhnya tenggelam dengan hanya sirip ekor berwarna coklat dan hijau yang terlihat. Tim penyelamat pun membagi dua tim. 

Tim pertama bertugas menyelamatkan penumpang yang masih terjebak di badan pesawat. Sementara tim lain, mencari korban tewas yang terpental ke danau ataupun yang ada di sekitar pesawat. 

Tim SAR juga tengah mengupayakan menarik pesawat jenis ATR-42 itu ke dekat pantai. Kedua pilot awalnya selamat dan berhasil berbicara dengan pejabat lokal dari kokpit, tetapi Perdana Menteri (PM) Tanzania Kassim Majaliwa mengatakan mereka mungkin telah meninggal.

PM mengatakan, penumpang yang diselamatkan berada di rumah sakit dan tidak terluka parah. Tetapi, lanjutnya, para korban masih sangat trauma akibat kejadian tersebut.

Sebelumnya, Majaliwa pergi ke tempat kejadian dan mengatakan penyelidikan ekstensif akan dilakukan untuk menentukan penyebab penuh kecelakaan itu. "Kami masih mengidentifikasi mayat-mayat itu, tetapi kemungkinan besar pilot tewas," katanya, melansir BBC.

Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan juga telah menyatakan belasungkawa kepada keluarga korban dan meminta tim SAR bekerja keras dalam misi penyelamatan tersebut.

Usai kecelakaan, untuk sementara operasional bandara ditutup. Precision Air adalah maskapai penerbangan swasta terbesar di Tanzania dengan sebagian saham dimiliki oleh Kenya Airways. 

Penerbangan ini didirikan pada 993 dan mengoperasikan penerbangan domestik dan regional. (tim redaksi)

#pesawatjatuh
#pesawattanzaniajatuh
#korbantewas
#danauvictoria
#maskapaiprecisionair
#kenyaairways
#akibatcuacaburuk

Tidak ada komentar