Breaking News

Deklarasi di Tugu Proklamasi, Garda Hukum 508 NKRI Resmi Terbentuk

Prosesi deklarasi Garda Hukum 508 yang digelar di Tugu Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2020). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Deklarasi organisasi hukum bernama Garda Hukum 508 dilakukan di Tugu Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2022). Selain deklarasi, organisasi yang terdiri dari 508 ahli hukum dan pengacara itu juga menggelar orasi dalam proses deklarasi. 

Garda Hukum 508 yang didirikan oleh Joko A.S ini adalah sebuah organisasi atau perkumpulan pengacara-pengacara yang sangat faham tentang undang-undang di negeri ini. 

Menurut penelitian para pakar hukum ini, diduga banyak penyimpangan-penyimpangan hukum dan undang-undang yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab di Indonesia.

Orasi dan deklarasi dihadiri oleh para pendiri serta lebih kurang 200-an orang yang terdiri dari gabungan pengacara dari seluruh Indonesia itu salah satunya terkait tuntutan kepada DPR RI. 

Salah satunya yang dipermasalahkan oleh organisasi Garda Hukum 508 adalah tentang Undang-Undang Karantina yang dibuat oleh DPR RI.

Untuk diketahui Undang-Undang (UU) Karantina disusun dan dirancang oleh DPR RI sebelum COVID-19 melanda Indonesia. Karena itu menjadi pertanyaan organisasi pengacara ini kenapa UU Karantina di buat sebelum COVID-19 masuk ke Indonesia?

Selain itu juga, salah satu tujuan pembentukan Garda Hukum 508 adalah meminta pertanggung jawaban pemerintah terhadap korban jiwa ratusan ribu jiwa yang berjatuhan akibat Virus COVID-19. 

Seharusnya pemerintah bertanggung jawab penuh atas meninggalnya 158.663 jiwa warga Indonesia akibat virus Corona. Selain korban meninggal, hingga kini total warga Indonesia yang positif Corona sebanyak 6.311.861 jiwa. (tim redaksi)


#deklarasi
#gardahukum508
#tuguproklamasi
#pengacara
#ahlihukum
#corona
#dprri

Tidak ada komentar