Breaking News

Dampak Gempa Cianjur Magnitudo 5,6, Bupati: Korban Tewas 44 orang

Sejumlah warga menyaksikan rumahnya rusak akibat gempa Cianjur, Senin (21/11/2022). Foto: net

WELFARE.id-Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, membuat jatuhnya puluhan korban jiwa dan ratusan warga lainnya juga terluka. Selain itu juga ratusan bangunan mengalami kerusakan.

Bupati Cianjur Herman Suherman menyampaikan 44 orang meninggal dunia akibat bencana alam tersebut. ”Yang meninggal sudah 44 orang, luka-luka di atas 700 orang,” kata Herman, Senin (21/11/2022).

Herman juga menjelaskan, puluhan korban meninggal dunia itu diakibatkan karena tertimpa bangunan. “Tertimpa bangunan,” ungkap Herman juga.

Meski demikian, Herman belum bisa menjelaskan berapa banyak bangunan yang roboh akibat gempa tersebut. ”Belum bisa masih didata,” ucap Herman lagi.

Herman juga mengungkapkan, saat ini kondisi listrik di wilayah terdampak bencana masih padam. Dia menyebut, warga membutuhkan alat penerangan bantuan usai terjadinya gempa.

”Listrik mati, harus ada sentra penunjang, listrik masih mati di kota, ini yang terdampak di kota,” ujar Herman.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyampaikan gempa magnitudo 5,6 yang terjadi di Cianjur diakibatkan adanya patahan geser. Kedalaman pusat gempa sekitar 10 kilometer.

”Jadi yang baru saja terjadi pada posisi di sekitar Sukabumi-Cianjur, di sekitar daerah tersebut dan merupakan gempa yang diakibatkan oleh patahan geser dengan magnitudo 5,6. Diduga ini merupakan pergerakan dari sesar cimandiri, jadi bergerak kembali,” ujar Dwikorita, Senin (21/11/2022).

Dwikorita mengimbau masyarakat yang berada di dalam gedung untuk keluar ruangan. Dikhawatirkan adanya gempa susulan.

”Kami mohon sebaiknya yang ada di dalam gedung sebaiknya keluar saja dulu, menunggu. karena gempa kemungkinan masih ada gempa susulan,” imbau Dwikorita.

Sebagaimana diketahui, gempa dengan magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat sekitar pukul 13.21 WIB. Guncangan juga dirasakan oleh masyarakat yang berada di sekitar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Selain Jabodetabek, guncangan juga dirasakan di wilayah Sukabumi dan Bandung. ”Magnitudo 5.6, pukul 13.21 WIB, lokasi 6.84 LS,107.05 BT (10 km Barat Daya Kabupaten Cianjur-Jawa Barat),” demikian cuitan BMKG dalam akun Twitter.

Berdasarkan data BMKG, pusat gempa barada pada kedalaman 10 kilometer (km) barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. BMKG pun memastikan gempa tersebut tidak berpotensi terjadinya tsunami. ”Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG juga. (tim redaksi)

#gempacianjur
#kabupatencianjur
#puluhantewas
#ratusanluka
#bupaticianjur
#bmkg

Tidak ada komentar