Breaking News

Cegah Kekerasan dan Pelecehan Seksual pada Anak, Pemkab Tangerang Gelar Sosialisasi ke Sekolah

Salah satu sosialisasi kekerasan dan pelecehan seksual di sekolah di Kabupaten Tangerang. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang serius menyikapi kasus tindak kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak yang angkanya terus meningkat tiap tahun. 

Salah satu yang jadi sasaran adalah para pelajar. Guna pencegahan aksi kekerasan dan pelecehan seksual itu, dengan sosialisasi yang dilakukan di sejumlah sekolah di wilayah tersebut. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Tangerang, Asep Suherman mengatakan, pihaknya melakukan sosialisasi ke setiap sekolah di daerah tersebut. 

”Kami telah lakukan sosialisasi dan pembinaan ke tiap sekolah, mulai dari tingkat SMP, SMA dan SMK bahkan pondok pesantren. Selain ke sekolah, kami juga lakukan sosialisasi desa-desa dengan melibatkan tokoh masyarakat dan juga tokoh agama,” terangnya, Kamis (3/11/2022).

Asep juga menyampaikan, sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah (pemda) terhadap tindak kekerasan pada anak, baik itu yang bersifat fisik maupun seksual.

”Pemkab Tangerang tengah serius menyikapi persoalan tindak kekerasan terhadap anak. Maka dari itu ini merupakan bentuk upaya kami dalam melakukan pencegahan terhadap kekerasan pada anak itu sendiri,”  paparnya juga. 

Menurut data DPPPA Kabupaten Tangerang periode Januari-Oktober 2022 tercatat, sebanyak 20 anak mengalami pelecehan seksual dengan rata-rata korbannya adalah anak di bawah usia 15 tahun.

Jadi dengan adanya sosialisasi ke sekolah-sekolah, kata Asep juga, diharapkan dapat menekan terjadinya tindak kekerasan seksual terhadap anak, baik di tingkat pendidikan maupun di lingkungan masyarakat.

”Dalam edukasi ini kita juga melibatkan sebanyak 600 guru BK, termasuk melibatkan teman-teman dari Pramuka untuk memberikan cara-cara pencegahan- kekerasan anak ini,” tandasnya. (tim redaksi)



#pemkabtangerang

#sosialisasi

#kekerasananak

#pelecehanseksual

#pelajar

Tidak ada komentar