Breaking News

Cegah Berat Badan Naik, Selalu Luangkan Waktu 5 Menit untuk Olah Raga

Ilustrasi 

WELFARE.id-Angka obesitas di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan data Kemenkes, satu dari tiga orang dewasa Indonesia mengalami obesitas, dan satu dari lima anak berusia 5 hingga 12 tahun mengalami kelebihan berat badan dan obesitas. 

“Obesitas di Indonesia meningkat dengan angka kenaikan yang mengkhawatirkan. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi obesitas di kalangan orang dewasa Indonesia meningkat hampir dua kali lipat dari 19,1 persen pada 2007 menjadi 35,4 persen pada 2018. 

Kita benar-benar harus memperhatikan kecenderungan peningkatan obesitas ini,” kata Ketua Bidang Organisasi Himpunan Studi Obesitas Indonesia (HISOBI) dr. Dicky Levenus Tahapary, Sp.PD-KEMD, PhD, dikutip Minggu (13/11/2022). 

Obesitas telah menjadi epidemi global. Stigma obesitas juga memberikan tantangan tersendiri dalam penanganan obesitas. Stigma terhadap berat badan mencakup perilaku dan sikap negatif yang ditujukan terhadap seseorang terkait dengan bobot tubuhnya. 

Stigma ini berbahaya dan semua orang harus memahami bahwa obesitas merupakan suatu penyakit. Obesitas tidak dapat ditangani hanya dengan mengurangi asupan makanan dan lebih banyak beraktivitas fisik. 

Bagaimana cara mengetahui kita obesitas atau tidak? "Untuk orang Indonesia, BMI pada tingkatan 25 termasuk kategori berat badan berlebih, dan BMI lebih dari 27 dinyatakan sebagai obesitas. 

Kita juga dapat memanfaatkan lingkar pinggang untuk menilai risiko seseorang terkena penyakit yang disebabkan oleh obesitas. Ukuran pinggang lebih dari 80 sentimeter untuk wanita dan lebih dari 90 sentimeter untuk pria meningkatkan risiko penyakit yang disebabkan oleh obesitas,” jelasnya. 

Untuk mencegah dan mengatasi obesitas, diet memegang peranan penting. Diet yang biasa dilakukan sebagai bagian usaha untuk menurunkan berat badan, biasanya berfokus pada pembatasan energi untuk mengurangi berat badan. 

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah memberi rekomendasi pola makan sehat berpedoman pada gizi seimbang. Merujuk pada Isi Piringku, misalnya dalam setengah porsi piring perlu terdiri dari sayur sebanyak 2/3, buah-buahan 1/3, lalu setengah piring lagi karbohidrat 2/3 dan protein 1/3. 

Sementara asupan gula, garam dan garam yang disarankan yakni 50 gram atau setara 4 sendok makan untuk gula, garam tidak lebih dari 5 gram atau setara 1 sendok teh, dan lemak tidak lebih dari 67 gram atau setara 5 sendok makan. 

Namun menjaga pola makan saja tidak cukup. Tetap 0erlu olah raga. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Health Promotion, University of Utah, berolahraga singkat di atas tingkat intensitas tertentu dapat berdampak positif pada berat badan. 

Dalam studi tersebut, profesor studi keluarga dan konsumen di University of Utah, Jessie X. Fan, menemukan bahwa intensitas olahraga lebih penting daripada durasi untuk mencegah kenaikan berat badan. 

Pemahaman baru ini penting karena kurang dari lima persen orang dewasa Amerika Serikat saat ini mencapai tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan dalam seminggu menurut pedoman aktivitas fisik. "Mengetahui bahwa olahraga yang singkat pun dapat menambah efek positif, itu merupakan pesan yang menggembirakan untuk mempromosikan kesehatan yang lebih baik," tandasnya. 

Sementara itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Obesity mengamati sekelompok individu yang melakukan satu jam latihan setiap hari (kelompok satu), bersama dengan kelompok lain yang menyelesaikan 12 latihan lima menit per hari (kelompok dua). 

Studi mencatat bahwa peserta dalam kelompok olahraga intermiten dua mengalami perasaan kenyang yang lebih besar sepanjang hari, yakni 32 persen lebih kenyang — dibandingkan mereka yang tidak berolahraga. 

Jadi, pada dasarnya, dengan melakukan sesi latihan lima menit yang dilakukan secara berselang-seling setiap hari, para peserta merasa lebih kenyang dan juga tidak terlalu lapar. 

Ini bisa menjadi bukti tambahan kalau berolahraga singkat selama lima menit dapat mencegah kenaikan berat badan. 

Memperpanjang usia 

Selain mampu mencegah kenaikan berat badan, berolahraga selama lima menit juga dapat memperpanjang usia. 

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology, berlari selama lima hingga 10 menit setiap hari sudah cukup untuk membantu hidup yang lebih lama. 

Bentuk aktivitas fisik yang populer ini ditemukan dapat mengurangi kematian akibat kardiovaskular dan penyebab lainnya sebanyak 29-50 persen pada pelari aktif. 

Di samping itu, berlari selama lima menit yang sederhana juga bisa mendorong individu untuk lebih banyak bergerak dan terhindar dari gaya hidup sedentari. (tim redaksi

#beratbadan
#carajagaberatbadan
#caraturunkanberatbadan
#obesitas
#olahraga

Tidak ada komentar