Breaking News

Bisnis Kuliner, Pentingnya Kreasikan Produk yang Sehat dan Profitable

Keseruan saat seminar kuliner di NHI Bandung (ist) 

WELFARE.id–Industri makanan dan minuman diproyeksi masih menjadi salah satu sektor andalan penopang pertumbuhan manufaktur dan ekonomi nasional. Pada triwulan I tahun 2022, industri mamin menyumbang lebih dari sepertiga atau sebesar 37,77 persen dari PDB industri pengolahan nonmigas. 

Dibalik itu semua ada sosok chef alias si tukang masak dan juga pengusaha kuliner. Mendukung para calon chef dan pengusaha kuliner dalam menciptakan aneka kreasi makanan lezat dan sehat. PT Ajinomoto Indonesia berbagi pengalaman di kampus Poltekpar NHI Bandung. 

Dalam seminar tersebut  selain keuntungan, juga memberikan fakta informatif dan manfaat bumbu umami. Begitu pula terhadap penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, dan hipertensi menjadi hal penting untuk dicegah dengan memperhatikan anjuran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tentang pembatasan asupan gula, garam, dan lemak (GGL). 

“Sebenarnya, jika kita ingin makanan yang kita konsumsi memiliki cita rasa yang tinggi sekaligus ingin diet rendah garam, menggunakan Bumbu Umami seperti MSG adalah solusinya. Beberapa penelitian seperti yang dilakukan oleh Jeremia Halim et al (2020) menunjukkan bahwa penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga dari kandungan natrium pada garam dapur biasa,” kata Product and Nutrition Manager, PR Department PT Ajinomoto Indonesia, di acara seminar bertema Modern Cooking di Poltekpar NHI Bandung, Jawa Barat, dikutip Kamis (17/11/2022). 

Ditambahkannya, sebagai penentu tren kuliner di masa depan, para calon chef ini sebaiknya sudah mulai mempertimbangkan penerapan pembatasan gula, garam dan lemak. "Intinya untuk tren kuliner yang lebih aman bagi kesehatan dengan tetap mempertahankan unsur kelezatan dalam kreasi menu makanannya," terangnya. 

Dikatakan Katarina, saat ini pihaknya sedang menggiatkan kampanye Bijak Garam yang memang sejalan dengan anjuran Kemenkes RI terkait pengurangan asupan Gula, Garam, Lemak (GGL) dalam konsumsi sehari-hari. 

“Melalui kampanye Bijak Garam yang sedang digiatkan ini, kami ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam dan mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan, namun tetap bisa memperoleh cita rasa yang tinggi,” tambahnya. 

Sedangkan, Ryo Nakamura, Head of Horeka Dept & Chef Wisnu Wicaksono, Corporate Chef Ajinomoto membagikan tips-tips dalam mengkreasikan menu makanan yang tetap menerapkan Bijak Garam, pedoman gizi seimbang, dan juga tetap sangat profitable. Terutama tes rasa menu Tori no Suimono (Sup Ayam khas Jepang). 

“Dalam penyajian tes rasa untuk menu Tori no Suimono yang simpel ini kami menyertakan sumber protein dari ayam, dan sumber serat juga tersedia dari sayuran seperti brokoli dan wortel. Menu tes rasa ini dapat meningkatkan level gurih dan harmonisasi yang lebih melezatkan,” ungkap Chef Wisnu. 

Ajinomoto juga menghadirkan guest lecture Chef Muhammad Aliyana, Chef De Partie dari Botanica Dining Resto, Jakarta, dan juga alumni Poltekpar NHI Bandung Angkatan 2012. Chef Aliyana mempresentasikan menu “Cumi Pekalongan” dan mengajarkan beberapa teknik modern cooking kepada mahasiswa/i NHI Bandung untuk elevate menu tradisional menjadi fine dining. (tim redaksi) 

#seminar
#kuliner
#calonchef
#pengusahakuliner
#PoltekparNHIBandung
#ajinomoto
#horeka

Tidak ada komentar