Breaking News

Berkat Kegigihan Tim SAR, Dua Petambang Korsel yang Terjebak Sembilan Hari Berhasil Diselamatkan

Salah seorang petambang yang diselamatkan dari tambang seng di Bonghwa, Korea Selatan, Jumat (4/11/2022). Foto: Yonhap/AFP

WELFARE.id-Kegigihan tim SAR gabungan Korea Selatan (Korsel) melakukan penyelamatan penambang yang terjebak selama sembilan hari pada Jumat (4/11/2022) membuahkan keajaiban. Karena dua petambang itu berhasil diselamatkan. 

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Sabtu (5/11/2022), kedua pekerja tambang yang tidak disebut identitasnya itu terjebak dalam lubang vertikal sedalam 190 meter di bawah tanah, setelah tambang seng di Bonghwa, Korsel bagian timur itu runtuh saat tanah longsor terjadi pada 26 Oktober 2022 lalu.

Tayangan televisi lokal menunjukkan pemandangan dramatis saat kedua pekerja tambang itu dikeluarkan dalam keadaan selamat dari dalam area tambang bawah tanah pada Jumat (4/11/2022) waktu setempat. Operasi penyelamatan melibatkan pengeboran sebuah lubang untuk menjangkau lokasi kedua pekerja yang terjebak.

Laporan kantor berita Yonhap yang mengutip keterangan para petugas penyelamat menyebut kedua pekerja tambang itu mampu menyalakan api agar tetap hangat dan membangun tenda dari plastik di dalam terowongan bawah tanah.

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) mengatakan dua penambang yang terjebak selama sembilan hari di reruntuhan tambang seng di Kabupaten Bonghwa berhasil keluar dengan selamat. 

Keberhasilan ini diumumkan saat Korsel sedang berkabung atas tragedi malam Halloween. Pada Sabtu (5/11/2022) pemadam kebakaran Korsel mengatakan dua penambang itu keluar dari bawah tanah yang ambruk karena longsor pada 26 Oktober 2022 lalu. 

Dua penyintas penambang itu memakan makanan instan, bubuk kopi dan menghangatkan diri dengan plastik di dalam tambang untuk bertahan hidup menurut kantor berita Yonhap mengutip para anggota tim penyelamat. (tim redaksi)


#koreaselatan
#tambangambruk
#tambangseng 
#bonghwa
#penyelamatan
#keajaiban

Tidak ada komentar