Breaking News

Berdesakan, Puluhan Pencari Kerja Pingsan di Job Fair Batam

Ribuan pencari kerja memadati Job Fair Batam 2022. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Dampak berdesakan, puluhan pencari kerja pingsan dan lemas di job fair yang dibuka Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Batam, di SP Plaza, Batu Aji, Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). 

Puluhan orang itu pingsan akibat berdesakan dan saling dorong untuk mendapatkan nomor antrean untuk memasukan lamaran ke sejumlah perusahaan agar bisa diterima bekerja.

Ribuan para pencari kerja mulai memadati lokasi Job Fair Batam pada Senin (7/11/2022) pukul 07.30 WIB. Padahal job fair itu baru dibuka pada pukul 09.00 WIB.

Sesaat setelah dibuka Wali Kota Batam Muhammad Rudi, ribuan pencari kerja mulai berdesakan untuk mendapatkan nomor registrasi. Terlihat tidak adanya pengaturan antrean oleh panitia, sehingga ribuan pencari kerja berdesakan untuk saling mendahului.

Tepatnya sekitar pukul 10.00 WIB akibat desakan dan saling dorong, membuat ribuan pencari kerja satu persatu para pencari kerja mulai pingsan. Terlihat lebih dari 10 orang pingsan, itu terdiri dari laki-laki maupun perempuan.

Di lokasi juga tidak tampak petugas kesehatan yang bersiaga sehingga penanganan pencari kerja yang pingsan dilakukan oleh pencari kerja yang lainnya dan petugas Satpol PP.

Karena melihat banyak korban yang pingsan dalam antrean pengambilan nomor registrasi. Panitia akhirnya menghentikan pembukaan bursa kerja pada hari ini.

"Untuk bursa kerja hari ini kita hentikan sementara. Karena melihat suasana tidak kondusif," ujar salah satu panitia melalui pengeras suara.

Sementara itu, Ahmad Yasin, 23, salah satu pencari kerja yang ikut mengantre sejak pagi mengatakan bahwa dirinya dan rekan-rekannya sempat kebingungan. Hal itu karena tidak ada sistem antrean yang diatur oleh panitia.

"Kami berdesakan, saya sampai terhimpit. Padahal dari pagi sudah antre di meja registrasi. Tapi tiba-tiba yang disuruh masuk yang tidak antrean," ujarnya.  

Ia juga mengatakan dirinya sempat lemas karena terhimpit. Beruntung cepat dievakuasi salah satu rekannya. "Hampir pingsan tadi karena mau napas saja susah. Kirain antrean rapi makannya kita coba datang pagi. Tadi kata panitia mau di buka besok, mudah-mudahan besok sudah rapi antreannya," ujarnya juga.

Untuk diketahui, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Batam menggandeng 32 perusahaan pada job fair digelar mulai hari ini hingga 9 November 2022 mendatang. Job fair itu menyediakan sekitar 1.797 lowongan kerja tersedia bagi para pencari kerja dalam job fair tersebut. (tim redaksi)


#lowongankerja
#jobfairkotabatam
#provinsikepri
#disnakerkotabatam
#pemkotbatam
#berdesakan

Tidak ada komentar