Breaking News

Anggaran Proyek Jalur Sepeda di DKI Jakarta Tahun Depan Dicoret

Pesepeda melintas di jalur sepeda di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Pembuatan jalur sepeda di Provinsi DKI Jakarta terhenti. Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalur sepeda pada tahun 2023.

Gilbert mengatakan itu disepakati dalam rapat antara Komisi B dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta beberapa waktu lalu di Bogor. "Ya, akhirnya di dalam rapat disetujui," kata Gilbert, Rabu (16/11/2022).

Gilbert juga menjelaskan mulanya dalam rapat tersebut sejumlah anggota dewan, termasuk dirinya mempertanyakan rencana Pemprov DKI Jakarta memperpanjang jalur sepeda. Rencana pembangunan jalur sepeda itu tercantum dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) DKI Jakarta 2023-2026 yang disusun mantan Gubernur Anies Baswedan sebelum lengser.

Dalam RPD itu Anies mencantumkan target jalur sepeda di Jakarta pada tahun 2026 mencapai 535,68 kilometer. "Kita mempertanyakan awalnya, itu bagaimana kok mau perpanjang lagi, sedangkan yang ada aja enggak terurus," cetus Gilbert.

"Yang menempati jalur  sepeda sekarang motor sama starling (tukang kopi keliling), terus sekarang kalian mau perpanjang, ya mereka enggak jawab dong, kalau gitu hapus saja," ujarnya.

Gilbert mengatakan mulanya Dishub DKI Jakarta mengalokasikan anggaran Rp38 miliar untuk pembangunan jalur sepeda pada tahun 2023. Di samping itu, DKI juga berencana mengajukan anggaran Rp1,9 miliar untuk evaluasi jalur sepeda secara menyeluruh.

"Katanya mau dikaji dulu. Apanya yang mau dikaji, orang kita bisa lihat kasat mata kok," papar dia. Gilbert berdalih bahwa DPRD tak anti dengan pembangunan jalur sepeda. Namun demikian, menurutnya saat ini jalur sepeda bukan suatu prioritas pembangunan di Jakarta.

Menurut dia saat ini yang harus jadi fokus utama Pemprov DKI adalah membenahi transportasi publik. Pasalnya, selama ini juga masih belum banyak orang yang menggunakan jalur sepeda.

"Kita tidak menentang itu, tapi jangan itu yang prioritas, kemudian itu enggak berfungsi. Itu aja persoalannya. Tidak ada yang menentang itu dibangun nanti, tapi jangan juga dipaksakan sekarang," ungkap Gilbert.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta tidak mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalur sepeda tahun 2023. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan hal ini diputuskan atas saran sejumlah anggota dewan.

Syafrin berujar mulanya DKI mengalokasikan dana sebesar Rp38 miliar. Namun, anggaran itu akhirnya dinolkan atau dibatalkan. (tim redaksi)

#pemprovdkijakarta
#anggarandaerah
#jalursepeda
#dprdjakarta
#transportasipublik
#apbd2023

Tidak ada komentar